GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Kepala Bapas Amuntai Berdiri Sejajar dengan Forkominda dan Aparat Penegak Hukum Hadiri Hari Anak Nasional Kabupaten Tapin 2024

Wartanesia – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Kabupaten Tapin 2024, Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Amuntai, Tri Haryanto turut hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK yang bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapin, Selasa (10/09). Acara yang bertempat di Gedung Sekretariat Tim Penggerak PKK tersebut juga dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) dan para aparat penegak hukum, Kepala Dinas dan stakeholder lainnya menandakan sinergi yang kuat antar institusi dalam mendukung kesejahteraan dan perlindungan anak.

Kepala Bapas Amuntai, Tri Haryanto menekankan pentingnya peran pemasyarakatan dalam perlindungan hak anak, terutama bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum. “Kami di Bapas Amuntai berkomitmen memberikan pendampingan serta program pembinaan yang berfokus pada rehabilitasi dan reintegrasi sosial bagi anak-anak yang pernah tersandung masalah hukum,” ujar Kepala Bapas.

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Tapin, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, dan jajaran lainnya yang tergabung dalam Forkominda. Mereka bersama-sama menegaskan komitmen untuk mewujudkan Kabupaten Tapin sebagai daerah yang ramah anak serta bebas dari kekerasan terhadap anak.

Momentum Hari Anak Nasional di Kabupaten Tapin ini menjadi ajang bagi seluruh pihak untuk berdiskusi mengenai upaya-upaya yang bisa dilakukan demi menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung tumbuh kembang anak, khususnya dalam mencegah terjadinya pelanggaran hukum yang melibatkan anak-anak. “Kolaborasi yang erat antara Forkominda, aparat penegak hukum, dan institusi terkait seperti Bapas sangat penting dalam menciptakan solusi komprehensif dalam menangani masalah anak,” ungkap Pejabat Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin dalam bagian sambutannya.

Rangkaian acara tersebut diakhiri dengan berbagai lomba, kegiatan edukatif dan hiburan yang melibatkan anak-anak, sebagai bentuk perayaan yang penuh kegembiraan sekaligus penyadaran akan pentingnya hak-hak mereka. Kepala Bapas Amuntai dan Forkominda Tapin pun berfoto bersama sebagai simbol kebersamaan dan semangat gotong royong dalam menjaga masa depan anak-anak di daerah tersebut.

Dengan adanya keterlibatan aktif Bapas Amuntai dan institusi terkait, diharapkan peringatan Hari Anak Nasional ini mampu menjadi momentum perbaikan dan penguatan perlindungan bagi generasi muda, serta menciptakan masyarakat yang lebih peduli terhadap hak-hak anak.

- Bapas Amuntai

Komentar0

Type above and press Enter to search.