GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Bapas Amuntai Ikuti Kegiatan Pembinaan Pos Yankoham pada Unit Pelaksana Teknis oleh Kanwil Kemenkumham Kalsel

Wartanesia – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Amuntai turut serta dalam kegiatan pembinaan Pos Pelayanan Hukum dan HAM (Pos Yankoham) yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Selasa (10/09). Kegiatan ini bertujuan memperkuat pelayanan hukum di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah tersebut, termasuk di Bapas Amuntai.

Kegiatan pembinaan ini berlangsung di aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas ) Amuntai dan dihadiri oleh perwakilan dari Bapas Amuntai dan Lapas Amuntai yang mengelola Pos Yankoham. Dalam acara tersebut, Kepala Bidang Hak Asasi Manusia Kanwil Kemenkumham Kalsel menyampaikan pentingnya Pos Yankoham dalam memberikan akses keadilan dan pelayanan hukum bagi masyarakat, terutama kelompok rentan yang memerlukan pendampingan hukum.

"Kami berharap seluruh UPT, termasuk Bapas Amuntai, mampu mengoptimalkan fungsi Pos Yankoham ini agar masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum dapat lebih mudah mendapatkan informasi dan layanan secara tepat dan cepat," Rosita

Dalam kegiatan ini, Bapas Amuntai turut berpartisipasi aktif dalam diskusi terkait peningkatan kualitas layanan. Fokus pembahasan mencakup penguatan kompetensi petugas Yankoham, pengelolaan administrasi hukum, serta pengembangan program pembinaan berbasis HAM bagi klien Bapas. Dengan hadirnya Bapas Amuntai, diharapkan pelayanan yang berhubungan dengan klien pemasyarakatan, terutama yang berhadapan dengan hukum, bisa lebih efektif dan efisien.

Kepala Bapas Amuntai menyatakan komitmen untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan Pos Yankoham di Bapas Amuntai agar semakin responsif terhadap kebutuhan masyarakat. "Kami siap mendukung penuh program Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk memperkuat akses keadilan, dan Pos Yankoham di Bapas Amuntai akan selalu siap melayani masyarakat yang membutuhkan pendampingan hukum," ujarnya.

Dengan adanya pembinaan ini, diharapkan setiap Pos Yankoham di UPT Kemenkumham Kalsel, termasuk di Bapas Amuntai, mampu menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan hukum yang bermutu, transparan, dan akuntabel. Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan hukum dan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, khususnya di Kalimantan Selatan.

- Bapas Amuntai

Komentar0

Type above and press Enter to search.