Peringatan HKG PKK ke 46 di Payakumbuh

WAWAKO ERWIN : PRESTASI YANG DIRAIH JADIKAN PENDORONG UNTUK LEBIH BAIK LAGI


banner 160x600
Women face

Payakumbuh,--- Luar biasa, mungkin itu kata-kata yang pas ditujukan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh, bagaimana tidak dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke 46 Pemko Payakumbuh sukses menggelar 4 kegiatan acara sekaligus dalam satu hari. Ibarat pepatah Minang "sakali marangkuah dayuang, duo tigo pulau talampaui".

Adapun kegiatan yang berhasil dilaksanakan Pemko Payakumbuh yaitu peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46, Pencanangan PKK Keluarga Berencana Kesehatan (PKK-KB-Kes), peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-25 dan Launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) kota Payakumbuh tahun 2018, yang dihelat di halaman Kantor Balaikota, Jln. Veteran, Selasa (9/10).

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Siak MoU dengan PT RAPP

1539145024-Wartanesia-IMG-20181009-WA0015

Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz yang membuka secara resmi kegiatan tersebut, dalam sambutannya mengaku senang dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya 4 agenda besar tersebut di Kota Payakumbuh.

"Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Mengingat kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan.Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mengangkat kegiatan ini. Sehingga, 4 agenda besar ini bisa terlaksana dengan baik," ungkap Wawako.

Selanjutnya, Wawako kemudian juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK Payakumbuh di setiap tingkatan dan kader yang telah bersusah payah bekerja dengan niat yang tulus dan ikhlas demi mewujudkan kesejahteraan keluarga. 

"Prestasi yang sudah kita raih jangan membuat kita untuk berpuas diri, namun hendaknya dapat dijadikan motivasi dan faktor pendorong untuk kita lebih meningkatkan kualitas, peran dan tanggung jawab dalam meraih prestasi yang lebih baik lagi kedepannya," Sambungnya.

1539145102-Wartanesia-IMG-20181009-WA0019

Selain itu, Wawako juga menyampaikan terkait pencanangan pelaksanaan PKK-KB-Kes di kota Payakumbuh yang merupakan salah satu momentum strategis untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program keluarga berencana dan kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat.

"Dari pelaksanaan PKK-KB-Kes kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan PKK-KB, pelaksanaan posyandu, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan lingkungan bersih sehat di Kota Payakumbuh, dengan memegang prinsip kebersamaan, keterpaduan dan pelayanan yang berkualitas," harap Erwin.

Kemudian, Erwin di kesempatan itu juga mengingatkan peran penting keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

"Pada kesempatan ini kita juga memperingati HARGANAS, yang mengingatkan kita semua akan pentingnya keluarga sebagai wadah tumbuh kembangnya setiap anak bangsa, baik secara fisik, mental maupun moral, untuk menjadi manusia yang paripurna bagi kepentingan keluarganya sendiri maupun kepentingan bangsa dan negara," lanjutnya.

1539145158-Wartanesia-IMG-20181009-WA0026

Selanjutnya mengenai peluncuran GISA di Payakumbuh, Wawako berharap kota Payakumbuh dapat memuthakirkan data/dokumen kependudukan yang dimiliki dan sadar bahwa setiap perubahan elemen data kependudukan adalah peristiwa penting dan termanfaatkannya data kependudukan untuk semua kepentingan.

"Sekali lagi terimakasih kepada semua yang telah mengangkat 4 agenda yang luar biasa ini, Semoga kedepannya kita lebih baik lagi, jayalah PKK, jayalah Indonesia," pungkas Wawako.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua TP-PKK kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi dalam sambutannya menyampaikan bahwa gerakan PKK sebagai wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga, sangat penting untuk digiatkan.

"Kepada seluruh jajaran ketua PKK, mulai dari tingkat kelurahan sampai kecamatan, kami berharap untuk dapat mengemban tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya. Walaupun jabatan tersebut otomatis diemban karena mengikuti jabatan suami, mengingat PKK memiliki peran yang sangat penting. Karena kehidupan sosial itu dimulai dari peran keluarga," ungkap Henny.

1539145203-Wartanesia-IMG-20181009-WA0027

Dukesempatan itu dirinya juga menyampaikan bahwa selama ini TP-PKK Kota Payakumbuh telah berhasil mengukir berbagai prestasi tingkat Provinsi maupun Nasional, sehingga dapat membawa nama baik Payakumbuh ke tingkat Nasional.

"Berbagai prestasi telah berhasil diraih oleh TP PKK Kota Payakumbuh, diantaranya baru-baru ini mendapat penghargaan Pakarty Madya I Pelaksana terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK tingkat Nasional yang diraih Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat. Kemudian, terbaik 1 lomba tertib administrasi PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diraih Kelurahan Talang, Kec Payakumbuh Barat dan berbagai prestasi lainnya, baik di tingkat Provinsi maupun Nasional," ungkap Henny.

Pemukulan gong dan pelepasan balon menandai dicanangkannya PKK-KB-Kes dan GISA di kota Payakumbuh. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan plakat penghargaan GISA kepada 5 kecamatan dan 1 kelurahan di masing-masing kecamatan sekaligus penyerahan penghargaan kepada TP-PKK Kelurahan yang telah berhasil mengukir prestasi di tingkat Nasional, provinsi maupun kota Payakumbuh. Kemudian juga diserahkan piagam kerjasama kepada organisasi perangkat daerah (OPD)  di lingkungan pemerintah kota Payakumbuh terkait pemanfaatan data kependudukan, yang diwakili Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan DP3AP2KB. 

Kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan peninjauan stand pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan stand pelayanan adminduk. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), Wakil ketua TP-PKK, Ny. Maghdalena Erwin Yunaz, Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, PKK Kecamatan hingga Kelurahan, hadirin dan undangan lainnya.(adv)

#LipsusBag.ProtokolerPemkoPayakumbuh