Warga Dua Kecamatan Datangi Kantor Bupati Siak, Minta PT A A Cabut Portal


banner 160x600
Women face

SIAK (WNC) - Sebelumnya sudah melakukan mediasia antara belah pihak namun tidak selesai hari ini Senin Seratusan Petani Berkarya Doral Wilayah Kampung Dosan Kecamatan Pusako Kabupaten Siak mendatangi Kantor Bupati Siak Senin (14/5/18). Sebelum bertemu dengan Asisten I Setdakab Siak Bagian Pemerintahan dan Kesra itu, para petani Berkarya dari Dusun Doral Kecamatan Pusako melakukan orasinya di depan pagar Kantor Bupati Siak.

Mereka menyampaikan aspirasi kepada pemerintah untuk mencabut portal di lokasi perusahaan tersebut. Terlihat para petani membentang spanduk yang bertulisan 'Perusahaan AA Zolimi Petani Miskin.

Baca Juga: Damkar Pekanbaru Evakuasi 120 Keluarga Terkena Banjir

Sebelum masuk kantor bupati itu, berselang kemudian Kapolres Siak AKBP Berliansyah didampingi Kapolsek Siak AKP Abdul Rahman menyambut dan menerima aspirasi petani Kecamatan Pusako terkait portal tersebut dan langsung dibawa oleh Kabag Pertanahan masuk menuju ruangan Asisten Setda Siak itu.

Camat Pusako Andi Putra SSTP MSI menerangkan, terkait kedatangan warga dari Dusun Doral Kampung Dosan mereka rapat yang ketiga kalinya. Petani menuntut ingin penjelasan dari pihak perusahaan AA untuk mencabut portal di perusahaannya.

Untuk itu, sejumlah petani Doral Kampung Dosan mendatangi Kantor Bupati Siak. "Kami selaku pemerintah kecamatan dengan Kabag Pertanahan dan Asisten Setda Pemerintah Siak dalam hal ini tidak ada hambatan, selalu  mendukung. Jadi, semua persyaratan kepemilikan petani kita mereka ada dan sudah kita terima di kantor kecamatan," ujarnya.

Pemerintah kecamatan dan Pemerintah Kabupaten Siak siap melayani permasalahan masyarakat. "Hari ini kita mencari solusinya dan saya berharap dalam hal ini Kapolres Siak supaya masyarakat kita ini tidak terjerat proses hukum. Oleh karena itu dengan kedatangan warga kecamatan kita ini dapat berjalan dengan baik dan tidak melakukan anarkis saya beterimakasih kepada Setda," jelasnya. 

Asisten I Setda Kabupaten Siak Budi Yuwono mengatakan Pemerintah Kabupaten Siak terkait permasalahan petani Doral memfasilitasi. "Portal kita harus sesuai dari wewenang yang ada terkait aturan kewenangannya itu propinsi. Jadi apapun keputusan ini kita sampaikan ke propinsi apa yg disampaikan bapak/ibu dalam jangka pendek ini itu terkait permasalahan terkait konflik tapal batas dan fasilitasi portal di PT AA sudah kita sampaikan juga kepada plt bupati siak terkait permasalahan ini dan sudah direspon beliau.dan permasalahan ini akan kita epaluasi dengan bersama diwilayah doral sana nanti akan kita epaluasi yang mana nama nama petani yang sudah didaftar serahkan kepada Camat supaya kami juga ingin tahu nantinya tak tahu pula orang luar yang menduduki lahan itu.kata Yuwono.

 Mengenai akses dan buat pondok di areal perusahaan itu tadi pihak pimpinan perusahaan sudah berkomunikasi. Paling lambat besok Perusahaan  Arara Abadi akan segera dipanggil tekait memperbolehkanya petani membawa bibit dan bahan bangunan segi permanen
"Beri kami waktu  dalam satu minggu ini untuk menyelesaikanya dan permasalahan ini sudah saya komunikasi tadinya sama pimpinan PT AA dalam satu minggu ini akan.kami adakan rapat dengan Dinas Kehutanan dan BPKH bagaimana berkomunikasi dengan baik terkait portal sudah kita sampaikan dengan PT  BOB," kata Budi.

Kapolres Siak AKBP Berliansyah Menyarankan kami dari pihak kepolisiahan kami sangat mendudung kedatangan dan penyampaian aspirasi masyarakat hari ini  kita ingin megetahui juga apa sebenarnya permasalahan warga Doral dengan pihak perusahaan melihat permasalahan dari dipusako kemarin PT udah memberikan izin hari ini merupakan final untuk itu saya minta pihak perusahaan diundang bapak bapak petani kita datang kesini untuk memutuskan permasalahanya 

Sementara itu, Koordinator lapangan mewakili petani Doral kampung dosan Jhohan kepada wartawan mengatakan,kedatanganya ke kantor bupati siak untuk menyelesaikan terkait permasalahan portal karna pihak PT AA tidak memberi izin setiap warga petani  membawa bibit dan sebagainya dihadang oleh Sekurity perusahaan itu kami minta hari ini juga permasalahan terkait portal  petani kita dengan perusahaan AA harus ada titik penjelasannya kami beserta petani tidak mau pulang   jika masalah ini tidak selesai juga kami tidak akan pulang kata Johan ini dengan logat kesal.

Mururutnya permasalahan ini sudah cukup lama namun tidak ada dan direspon sama pihak terkait untuk menduduki permasalahan ini.ini hari ini kami datangi kantor bupati agar masalah ini tigubris kalau tidak juga selesai kami sama petani akan mencabut sendiri portal portal Perusahan itu dan jangan salahkan nanti kami berbuat anarkis dilapangan ancamnya Johan kami bersama petani merasa dizolimi oleh pihak perusahaan AA pak Ujarnya.

Turut hadir Asisten I Setda Pemerintahan dan kesra Budi Yuwono.Kabag Pertanahan. Camat Pusako Andi Putra SSTP MSI.Kapolres Siak AKBP Berliansyah Kapolsek Siak AKP Abdul Rahman.mewakili pimpinan BOB.K Kesbang Pol.Linmas Hasmizal MSI.Kakan Satpol PP.Ketua Koordinator Jhan.serta warga petani Dusun Doral Kampung Dosan Kecamatan Pusako.yang menyampaikan orasinya dikantor bupati siak.mereka berharap kepada pemerintah untuk mencabut portal yang dipasang oleh perusahaan tapi sangat disayangkan dalam pertemuan  itu hanya mewakili pimpinan perusahaan BOB saja yang hadir.sementara Humas PT AA tidak  hadir. (adi)