Tim IKKON Badan Ekonomi Kreatif RI Beri Kado Terindah di Ulang Tahun Siak ke-19


banner 160x600
Women face

SIAK (WNC) - Rangakaian Festival Siak Bermadah ke-16 yang mengambil tajuk “Kemilau Mahligai Melayu” sudah dimulai dengan pelaksanaan Pawai Budaya Internasional di depan Istana Asserayah Al Hasyimiyah, Rabu (10/10/2018) siang.

Sekretaris Utama Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Tuan Restog Krisna Kusuma, SH MSi AK. Saat membuka acara secara resmi mengatakan, tim IKKON yang sudah di berada di Siak menemukan empat elemen pembentuk identitas yang kuat yakni, Melayu, Islam, sungai dan islam di singkat misi. 

Baca Juga: PA 212 Kutuk Aksi Banser NU Bakar Bendera Tauhid

"Elemen tersebut merupakan sumber penciptaan ekonomi produk kreatif, ke empat unsur ini merupakan faktor penting untuk menciptakan tema, konseo desain dan pameran," ungkap Tuan Restog Krisna Kusuma.

Sebutnya lagi, dari ke empat unsur dapat ditarik tema yang diangkat bertajuk "Kemilau Mahligai Melayu" tema ini memiliki makna mengmbalikan kejayaan Melayu Siak, yang menghasilkan banding Ako Siak. Dapat diartikan ako,  membangkitkan usah kreatif yang ada di Siak. 

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Hamzah Tengku Said Hamzah mengatakan, rangkaian kegiatan ini memerkuat pariwisata kesejarahan yang telah terbina di Negeri Istana. Ia berharap menjadi tuan rumah yang ramah bagi para pelancong yang datang ke Kota Siak. 

"Alhamdilillah siang ini kita sudah memulai dengan kegiatan pawai budaya. Saya mengharapkan kepada masyarakat Siak, sebagai tuan rumah mari kita menjaga sopan santuan dan ramah terhadap pengunjung yang datang ke Siak," tutup Tengku Said Hamzah.

Penampilan dari peserta lomba fashion carnival pada pawai budaya internasional menampilkan busana kreatif yang unik,  sangat menarik dan layak di perlombaan,  seluruh peserta lomba merupakan rombongan Festival Siak Bermadah. 

Seniman seniman yang hadir selain dari lokal juga terdapat tujuh daerah dari luar riau antara lain Kuala Lumpur,  Aceh Beureua, Johor, Batam,  Pekanbaru, Karimun dan Deli Serdang. (rls/adi)