Ribuan Rumah Warga di Inhu Terendam Banjir

No comment 35 views

banner 160x600
Women face

PEKANBARU (WNC) - Banjir yang melanda Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) merendam 2.190 rumah warga di 43 desa pada 11 kecamatan.

Informasi ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, dilansir cakaplah.com, Rabu (7/11/2018). Dia mengatakan dari koordinasi pihaknya 
dengan BPBD setempat, setidaknya ada 2.190 unit rumah yang terendam banjir.  

Baca Juga: Pengusutan Kasus Laporan Edy Suryanto Belum Tuntas

Untuk 11 kecamatan yang terendam banjir, sebut Edwar, diantaranya kecamatan Rengat, yang merendam 651 rumah warga di enam desa. Kemudian di Kecamatan Rengat Barat, ada tiga desa yang terendam, namun kondisi rumah warga masih aman. 

Selanjutnya ada 160 rumah di enam desa Kecamatan Pasir Penyu terendam, Kecamatan Lirik merendam 9 rumah warga, Kecamatan Sungai Lala, sebanyak 320 rumah warga yang terendam.

Kemudian 165 rumah warga di tiga desa di Kecamatan Kelayang terendam banjir, dua kelurahan di Lubuk Batu Jaya, lima desa di Kecamatan Rakit Kulim, dan tiga desa di Kecamatan BT Peranap, yang merendam 129 rumah warga.

"Paling parah, di Kecamatan Peranap, yang merendam 756 rumah warga, yang tersebar di delapan desa. Terakhir di Kuala Cenaku, yang merendam satu desa dan tidak ada rumah warga yang terendam," paparnya. 

Untuk membantu korban banjir, tambah mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini, oihkanya sudah distribusikan bantuan logistik seperti perahu karet dan tenda pengungsian.

"Logistik sudah kita kirim, dan tenda pengungsian korban sudah kita dirikan. Selanjutnya kita terus monitor dan koodinasi dengan BPBD Inhu," tukasnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Riau, Dahrius Husin saat dikonfirmasi kondisi banjir Inhu mengatakan, pihaknya sudah siap siaga membantu korban banjir di sana. 

"Kita sudah siap siaga untuk banjir Inhu. Karena informasi yang kita dapat, banjir di sana sudah siaga darurat. Kita juga sudah mendirikan posko dan tenda pengungsian," jelasnya. (wan)