Ribuan Masyarakat Hadiri Pembukaan MTQ XVIII Kabupaten Siak di Perawang


banner 160x600
Women face

 PERAWANG (WNC) - Ribuan masyarakat tumpah ruah di halaman Kantor Camat Tualang, Minggu (22/07/2018) malam menyaksikan gelaran pembukaan MTQ XVIII di astaka yang terbilang megah dengan suasana spektakuler.

Kawasan parkir pun penuh sesak sehingga puluhan mobil, ratusan sepeda motor terpaksa gunakan bahu jalan untuk parkir. Bahkan ada yang sengaja membayar khusus di teras ruko warga agar tidak jauh dari lokasi acara.

Baca Juga: Pengamat Nilai BI Kehabisan Opsi dalam Stabilkan Rupiah

Bupati Siak, Drs H Syamsuar, Wakil Bupati Siak Alfedri, Kajari Siak Zondri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, tokoh masyarakat Riau yang juga Wakil Gubernur Riau terpilih Edy Nasution beserta istri masing-masing tiba di lokasi acara disambut dengan penampilan silat serta tari persembahan.

Terlihat juga Sekda Siak Tengku Said Hamzah beserta istri, selanjutnya sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat di lingkup Pemkab Siak turut memenuhi bangku undangan VIP tepat di panggung depan astaka MTQ XVIII Kabupaten Siak.

Camat Tualang, Zalik sebagai tuan rumah acara MTQ tingkat Kabupaten menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua panitia yang sudah bertungkus lumus mempersiapkan acara MTQ XVIII Kabupaten Siak, mulai dari pawai taaruf, bazar dan pameran.

"Total keseluruhan peserta MTQ XVIII Kabupaten Siak mencapai 555 orang. Kami mengajak bapak ibu untuk bersama-sama menyaksikan dan meramaikan kegiatan MTQ Kabupaten Siak. Kami minta juga kepada Bupati Siak untuk membuka pelaksanaan MTQ ini," kata Camat Tualang, dilansir goriau.com.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Siak, Drs H Syamsuar menyebutkan pelaksanaan MTQ Kabupaten Siak ini merupakan salah satu cara mengukur sejauh mana pelaksanaan pembinaan terhadap qari dan qari'ah yang telah dilaksanakan.

Bupati juga menyebutkan bahwa sejak lama masyarakat Siak sudah melekat dengan nilai budaya melayu dan Islam. Untuk itu, Pemkab Siak juga mengajak masyarakat untuk mendukung terwujudnya masyarakat kabupaten Siak yang religius dan mendorong pariwisata halal.

"Kita terus berikhtiar untuk memajukan SDM di bidang pendidikan keagamaan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan SDM yang ada di Kabupaten Siak. Untuk mewujudkan itu perlu pendidikan agama sejak dini melalui perda wajib MDTA dan Perda pendidikan Wastho bagi anak-anak SMP di Siak," kata Syamsuar.

Tidak hanya itu, Syamsuar juga menyampaikan program pemberian beasiswa ke berbagai pesantren dan universitas terkemuka di dalam maupun di luar negeri, bekerjasama dengan kementrian agama dalak pendirian MAN IC, pendirian pondok pesantren, rumah Tahfiz.

Usai membuka secara resmi, Syamsuar menyerahkan piala bergilir dari Kecamatan Siak kepada Kecamatan Tualang sebagai tuan rumah MTQ XVIII Kabupaten Siak. Dan dilanjutkan dengan bemukulan beduk. (wan)