Diduga Keracunan Limbah PT Indah Kiat

Ribuan Ikan Mengapung di Sungai Siak Wilayah Benayah

No comment 1043 views

banner 160x600
Women face

PUSAKO (WNC) - Sejumlah nelayan di RT 02/RW03 Dusun Mekarsari Kampung Benayah Hulu, Kecamatan Pusako Kabupaten Siak seminggu ini mengeluhkan banyaknya ikan yang mati di perairan Sungai Siak. Kematian ikan ini diduga akibat keracunan limbah PT Indah Kiat.

Ikan-ikan yang mati di perairan Sungai Siak mulai dari anak ikan yang kecil-kecil sampai ikan yang besar juga ikut mati. "Tentunya hal itu menjadi keluhan bagi kami selaku mata pencaharian nelayan di Kampung Benayah ini," kata salah seorang nelayan di Dusun lll Mekarsari Kampung Benayah Hulu ini Ridwan Kanedi kepada wartawan di kediamannya Kamis (31/5/2018).

Baca Juga: KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba

Pengakuan Ridwan, ikan terlihat banyak mati di perairan Sungai Siak sejak pagi pukul 06-00. "Kami turun ke sungai untuk membangkit belat, sesampainya di belat yang kami tahan itu, kami melihat banyak ikan yang mengapung dan tergeletak di dalam jaring belat kami itu diduga keracunan limbah," ujarnya.

Saat ditanya oleh limbah apa menyebabkan ikan ikan itu banyak yang mati? Riduan menduga berasal dari limbah PT Indah Kiat. Karena sebelumnya pernah juga perairan Sungai Siak tercemar oleh limbah dari PT Indah Kiat.

"Kami berharap kepada pihak terkait untuk turun mengecek di perairan Sungai Siak, karena mata pencairan kami hanya nelayan penangkap ikan,"

Menurutnya, percuma saja pemerintah membagikan jaring belat kepada para nelayan di Kecamatan Pusako ini sementara penghasilan kami di sungai berkurang,," ujar dia.

Hal senada disampaikan, Nasnizar warga di kampung yang sama. Ia juga sangat mengharapkan adanya pengecekan dari pihak terkait untuk membuktikannya apakah ikan ikan itu banyak yang mati oleh pencemaran limbah atau bukan ini yang perlu ditanggapi dendgan serius oleh pihak yang terkait

Menyikapi permasalahan itu Camat Pusako Andi Putra SSTP MSI saat dikonfirmasi berjanji pihak kecamatan akan turun langsung ke lokasi.

"Saya kasi tau sama Sekcam pak Wahyudi untuk turun mengecek perairan sungai di Kampung Benayah itu. Apakah ikan ikan itu matinya terkena keracunan limbah atau dari mana. Lalu diambil sampel dan nanti kita akan berkoordinasi sama Dinas DLH Siak Ujar Camat Pusako Andi Putra SSTP MSI yang diwakili oleh Sekcamnya Wahyudi SSTP.

Sementara itu menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak Drs Syafri Lenti MSI saat dikonfirmasi media ini tentang banyak ikan yang mati di perairan Sungai Siak itu,nanti ya, kita sedang ada rapat,"  katanya. (adi)