Puluhan Murid MAN IC Siak Ikuti Kegiatan Homestay di Bungaraya


banner 160x600
Women face

SIAK (WNC) - Sebanyak 84 orang murid kelas XI, Madrasah Aliyah Insan Cendikia Kabupaten Siak, Rabu (10/10), melakukan kegiatan homestay di Kampung Bungaraya Kecamatan Bungaraya. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka  Program Pengabdian Masyarakat, agar para siswa memiliki pengetahuan selain di bangku sekolah.

Camat Bungaraya Hendy Derhavin menyambut baik atas kegiatan Home Stay MAN IC Siak yang memilih wilayahnya sebagai tempat sasaran kegiatan.

Baca Juga: PA 212 Kutuk Aksi Banser NU Bakar Bendera Tauhid

"Kami menyambut baik kegiatan dari MAN IC ini. Bungaraya ini sangat cocok untuk studi lapangan, karena merupakan daerah tanaman pangan, juga menjadi kawasan komoditi cabai, dan agrowisata," terang Davin sapaan akrabnya.

Oleh karena itu, kata Davin,  para siswa bisa belajar dilapangan bagaimana cara bertani atau bercocok tanam yang baik dan benar, sehingga bermanfaat untuk diri sendiri dan sekolah. Selain itu ia berharap, para siswa juga bisa memberikan ilmu yang didapat untuk masyarakat.

Sementara Kepala MAN IC Dra Hj Hayatirruh MEd, menyampaikan rasa haru dan bahagia karena disambut baik oleh pihak kecamatan dan warga Bungaraya.

"Kami ucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat ini dan sekaligus mohon bimbingan untuk anak-anak kami disini," kata Hayatirruh.

Semula pihak sekolah akan menitipkan satu atau dua orang anak di masing-masing rumah warga. Namun karena masih perdana, 10 orang murid di gabung dalam satu rumah.

Murid-murid tersebut akan tinggal di Bungaraya selama 4 hari yang didampingi oleh sejumlah guru. Selanjutnya mereka tinggal dan bersosialisasi bersama masyarakat. "Anak-anak nantinya melakukan pekerjaan orang tua angkat di kampung tersebut seperti ke sawah, ke ladang, ke kolam, ke peternakan, atau apapun pekerjaan orang tua angkatnya," imbuhnya.

Dirinya berharap anak-anak dapat pengalaman berharga selama mengikuti homestay dan tinggal dengan orang tua angkat di kampung ini. Selanjutnya ia berpesan belajar hidup sederhana menjaga nama baik sekolah, serta menjaga ibadah dan tingkah laku sehari-hari.

Kegiatan itu langsung dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak H Muharom, Ketua Agrowisata Amin Soimin, dan koordinator pendidikan kecamatan Bungaraya Aan Darlis.

Dilain pihak salah seorang guru pendamping Sadri menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah mengisi kecerdasan spiritual siswa dengan mengkaitkan berbagai profesi/keahlian di masyarakat. Kemudian  meng-upgrade pengetahuan terapan yang terdapat di masyarakat dengan mengalaminya secara langsung.

"Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih kemandirian siswa dalam mengatasi berbagai permasalahan, melatih pola berfikir konseptual dalam menulis laporan akhir nantinya," sebut Sadri. (rls/adi)