PKK Siak Taja Seminar Parenting bagi Ibu-ibu

No comment 60 views

banner 160x600
Women face

SIAK (WNC) - Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Siak terus berkomitment meningkatkan kualitas orang tua dalam menciptakan generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Salah satunya dengan membekali orang tua dengan ilmu mendidik dan mengasuh anak yang benar, melalui  seminar Parenting 

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri  mengatakan pentingnya kegiatan digelar sebagai bekal orang tua maupun tenaga pendidik dalam pembelajaran anak, sehingga bisa menciptakan generasi yang berkualitas.  

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Siak MoU dengan PT RAPP

"Saya berharap kegiatan ini bisa  menambah wawasan tentang pola asuh, merawat, dan mendidik anak sehingga di harapkan menjadi anak-anak yang berkualitas serta memiliki budi pekerti dan akhlak yang mulia," harap Rasidah, Senin (03/12/2018) pagi. 

Menurutnya, parenting merupakan salah satu cara memperbaiki sumber daya manusia dimasa yang akan datang. Oleh sebab itu harus di persiapkan sedini mungkin. Karena lingkungan yang pertama dan utama bagi anak adalah keluarga. "Anak mendapat bimbingan dan tuntunan dari keluarga" sebut dia di gedung mahratu.

Rasidah menjelaskan, kegiatan Seminar Parenting tersebut atas kerjasama PT Bumi Siak Pusako melalui program CSR dengan TP PKK Kabupaten Siak khususnya Pokja I.

Sementara menurut narasumber dari Pekanbaru, seorang konsultan psikolog Aida Malikha secara panjang lebar mengupas tentang perkembangan dan cara asuh anak yang benar. 

" Para orang tua saat ini lebih memikirkan materi, kesibukan lain dan gadget sehingga pola asuh anak tidak lagi diperhatikan" kata Aida Malikha.

Dijelaskannya, bahaya penggunaan gadget pada anak bisa membatasi gerak fisiknya, yang membuat tumbuh kembangnya menjadi terlambat. Dan bahanya lagi akan mengalami pikun digital akibat anak yang terpapar teknologi terlalu banyak, menjadikan anak tidak fokus pada satu hal.

Dirinya mengajak peserta yang hadir untuk lebih dekat kepada keluarga khususnya anak-anak, batasi bermain gadget sehingga tumbuh keluarga yang harmonis dan bisa  melahirkan generasi yang sehat dan hebat.

Maksud kegiatan ini adalah proses mempromosikan perkembangan fisik, emosional dan sosial, dan intelektual seorang anak sejak bayi hingga dewasa. Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam perawatan, pengasuhan, pendidikan dengan berlandaskan dasar-dasar karakter yang baik.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 250 orang yang terdiri dari Ketua PKK Kecamatan sekabupaten Siak ditambah 10 orang anggota, gabungan organisasi sekabupaten Siak, guru TK/Paud kecamatan Siak dan Mempura. Selain itu seminar tersebut mengundang Ustadz Zubir Effendi dari Kementerian Agama Kab Siak. (rilis/adi)