Pimpin Rapat Sinkronisasi Penyelenggaraan Pemerintahan, ini Kata Alfedri


banner 160x600
Women face

SIAK (WNC) - Jelang menyambut hari raya Idul Fitri 1439H / 2018 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melaksanakan Rapat Sinkronisasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Siak tahun 2018.

Rapat ini dilaksanakan di ruang rapat Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Jum’at (8/6/2018).

Baca Juga: PA 212 Kutuk Aksi Banser NU Bakar Bendera Tauhid

Dalam sambutannya, Plt Bupati Siak Alfedri yang juga sebagai pimpinan rapat mengatakan, dalam rapat ini akan dibahas beberapa hal penting, yang diantaranya persiapan menyambut arus mudik dan hari raya Idul fitri.

"Pertama, dalam Persiapan menghadapi angkutan lebaran. Diharapkan kepada pihak terkait untuk memantau persiapannya, menjelang hari H", kata Alfedri. 

Masih kata Alfedri, ada beberapa persiapan yang akan di laksanakan dalam menghadapi angkutan lebaran. Mengecek Ketersediaan sarana dan prasarana Angkutan, Persiapan pengendalian angkutan lebaran dari Tanggal 08 s/d 23 Juni 2018, Menyiapkan Posko koordinasi pelayanan tim penyelenggaraan angkutan lebaran, dan Kebijakan modal angkutan darat, laut, penyeberangan dan sungai.

"Yang kedua yakni Persiapan Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439H. Yang sudah dilaksanakan yakni Telah telah terbentuknya Tim Pelaksana Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439H/ 2018M di Kab. Siak, Pelaksanaan Pawai Takbir, dan Pelaksanaan Sholat Idul Fitri", jelas Bupati Siak itu.

Selain itu lanjut nya, yang ketiga yakni meningkatkan Keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) selama masa mudik lebaran. 

"Terkait banyaknya rumah yang ditinggal mudik lebaran, saya mengharapkan kepada Camat, Penghulu/Lurah, agar menyampaikan kepada masyarakat untuk dapat menyimpan barang berharga ditempat yang aman selama meninggalkan rumah,"harap Alfedri. 

Wakapolres Siak Kompol Abdullah Hariri mengatakan, saat ini telah di laksanakan Pengamanan Operasi Ketupat Muara Takus 2018 di Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan oleh Personil Polres Siak dan Personil Polsek Jajaran Polres Siak.

Pihak Polres Siak  dan  Polsek Jajaran Polres Siak telah menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas untuk menghimbau kepada masyarakat pada saat mudik supaya mengunci rumah, cek listrik untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana dan kebakaran.

Selain itu kepada Camat, Penghulu /Lurah agar menyampaikan kepada masyarakat untuk menyimpan barang berharga ditempat yang aman atau dititipkan ke Polres Siak seperti kendaraan.

Untuk  mengantisipasi Curat pihak Polres  Siak sudah membentuk Satgas  khususnya daerah- daerah rawan, baik premanisme maupun pungli.

Sementara Dandim 0303 Bengkalis menyampaikan kepada dinas Perhubungan agar menyampaikan dan membuat larangan bagi penumpang kapal laut, agar tidak merokok sembarangan terutama di lantai dasar kapal karena banyak kendaraan untuk menghindari kebakaran.

Bagi masyarakat yang mudik lebaran terutama pengguna  sepada motor agar menggunakan helm.

Dirinya menghimbau kepada Camat, Lurah dan Penghulu untuk menggalakkan  Siskamling selama lebaran berlangsung dan mendata serta mengecek pendatang baru di kampung tersebut.

Turut hadir Ketua Pengadilan Siak Bambang Trikoro, Kajari Siak Zondri, Asisten I Siak L. Budi Yuwono, Asisten II Siak Hendrisan, Asisten III Siak Jamaluddin, sejumlah pimpinan OPD dan Para Camat.(rilis/adi)