Pemudik Menuju Sumbar Mulai Padati Lintas Barat

No comment 62 views

banner 160x600
Women face

 PEKANBARU (WNC) - Arus kendaraan roda empat maupun roda dua mulai memadati lintas barat menuju Sumatera Barat (Sumbar). Peningkatan mulai terjadi sejak Sabtu (9/6/2018) pagi.

Informasi dari Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta melalui Kepala Satlantas AKP Wan Mantazaka mengatakan, peningkatan arus kendaraan mulai sejak Sabtu pagi. Sebagian pemudik memilih pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: PA 212 Kutuk Aksi Banser NU Bakar Bendera Tauhid

"Pantauan kita di Pos Pengamanan Rimbo Panjang pada Pukul 08.00 WIB, itu sudah mulai ada peningkatan arus kendaraan. Rata-rata didominasi oleh sepeda motor, tapi belum terlalu banyak," ungkapnya, dilansir GoRiau.com.

Seperti biasanya, kendaraan yang mendominasi mudik di jalur lintas barat via Kabupaten Kampar adalah rute dari Riau menuju Sumbar. Kasatlantas memastikan, sejauh ini arus masih lancar terkendali, dan anggota sudah berada pada pos-pos masing-masing.

"Sejauh ini kondisinya masih normal, sementara untuk perbaikan jalan di Rimbo Panjang juga hampir selesai dan tidak ada masalah. Hanya saja, ada hari pasar, itu di Pasar Air Tiris. Kita sudah mengantisipasi dengan menurunkan tim urai macet," yakin dia.

Tim urai macet dari jajaran Polres Kampar sudah digerakkan ke Pasar Air Tiris sejak Sabtu pagi tadi. Kata AKP Wan Mantazaka, tim tersebut dibagi-bagi ke lokasi lainnya disepanjang jalur lintas barat, hingga ke perbatasan Riau - Sumbar.

Kembali lagi tentang arus mudik, tercatat pagi tadi ada sekitar delapan hingga 10 kendaraan roda empat melintas dalam setiap menitnya. Sementara untuk roda dua, sekitar 20 kendaraan permenit.

"Jadi itu masih normal, namun memang sudah mulai meningkat dibanding hari-hari biasanya," tutup AKP Wan Mantazaka.

Diketahui, kepolisian di Riau mendirikan delapan pos mudik disepanjang jalur lintas barat ini. Pos ini dibangun untuk memberikan pelayanan prima bagi para pemudik di jalur lintas barat, yang dilengkapi fasilitas istirahat, informasi arus dan lain sebagainya.

Lokasinya, antara lain di Kilometer 20 Rimbo Panjang, Kilometer 31 Danau Bingkuang, Kilometer 38/39 Pasar Kampar serta Pos Pam Pasar Air Tiris Kilometer 47.

Kemudian Pos Pam lapangan Merdeka Kota Bangkinang, Pos Pam Kilometer 72 Pasar Kuok, Pos Pam Tapung Petapahan Kilometer 36 serta terakhir Pos Pam Kelok Indah Kilometer 109. (wan)