OTP Terbaik Se-Asia Pasifik, Garuda Indonesia Terus Tingkatkan Quick Handling


banner 160x600
Women face

PEKANBARU (WNC) - Maskapai Garuda Indonesia terus berbenah meningkatkan pelayanan serta penanganan cepat (quick handling) meski telah berhasil mencapai puncak sebagai maskapai dengan ketepatan waktu On Time Performance (OTP) terbaik se Asia Pasifik yakni 90,4 persen. Prestasi puncak OTP dari 10 maskapai tersebut merupakan hasil analisis penerbangan Official Airline Guide (OAG) pada Oktober 2018. 

General Manager (GM) Garuda Indonesia Pekanbaru Agung Anugrah mengapresiasi prestasi maskapai tempatnya mengabdi dan berkarir. Namun demikian upaya untuk meningkatkan OTP yang diperoleh tetap terus dilakukan. "Quick handling dan take off before schedule (jika memungkinkan)," jawaban singkat optimisme Agung Anugrah, Senin (12/11/2018).

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Siak MoU dengan PT RAPP

Sikap optimisme Agung Anugrah ini menyusul diterimanya prestasi Garuda Indonesia memimpin di antara maskapai penerbangan besar Asia Pasifik (maskapai penerbangan dengan 10.000 penerbangan ke atas) sebagai maskapai dengan 90,4 persen penerbangan tepat waktunya.

Dalam laporan on-time performance (OTP) bulanannya, OAG menyoroti maskapai penerbangan dan bandara, baik skala besar maupun kecil. OTP berperan penting dalam menentukan apakah penumpang kemungkinan memesan penerbangan dengan sebuah maskapai penerbangan, sehingga mengetahui operator mana yang paling mampu mengikuti jadwal dapat sangat berguna bagi wisatawan yang punya tenggat waktu sedikit.

Setiap bulan, OAG merilis OTP yang merinci maskapai penerbangan paling tepat waktu dari seluruh dunia. Perusahaan mendefinisikan OTP sebagai penerbangan yang berangkat atau tiba setidaknya 14 menit dan 59 detik dari waktu keberangkatan atau kedatangan yang dijadwalkan, termasuk penerbangan yang dibatalkan dalam angka-angkanya.

Agar maskapai penerbangan dimasukkan, data untuk setidaknya 80 persen dari penerbangan terjadwal mereka harus tersedia.

Mengutip dari Seasia, Senin (12/11/2018) berikut maskapai penerbangan besar (dengan 10.000 penerbangan ke atas) berdasar peringkat OTP mereka hanya untuk Oktober 2018. Peringkat pertama Garuda Indonesia dengan OTP (90,4 persen). Kedua, Japan Airlines (88,6 persen), Ana (87,3 persen), IndiGo (86,2 persen).

Urutan kelima, Jet Airways (84,8 persen), Thai Air Asia (83,8 persen), Qantas (83,8 persen), Air New Zealand (81,0 persen), China Sourthern (80,0 persen)
dan Vietnam Airlines (80,2 persen). (wan)