Masyarakat Tolak Usulan Kenaikan PPJ

No comment 53 views

banner 160x600
Women face

PEKANBARU (WNC) - Usulan Pemko Pekanbaru menaikkan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) rumah tangga dan bisnis mendapat penolakan kalangan masyarakat. Karena kondisi ekonomi masyarakat saat ini sedang susah dinilai sangat tidak manusiawi.

Kalau alasan Pemko Pekanbaru mengaku defisit dalam pembayaran PJU, perlu dicarikan solusi lain. Apalagi tarif listrik sudah semakin tinggi yang harus dibayar oleh masyarakat.

Baca Juga: Pertina Kota Payakumbuh, Utus Tiga Atlet Tinju Ikuti Bupati Sijunjung Cup II 2019

"Jadi, kita selaku masyarakat sangat tidak setuju atas usulan kenaikan PPJ tersebut. Jangan masyarakat dijadikan korban oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, karena defisitnya anggaran, seharusnya pemerintah harus mencari solusi lainlah," ujar salah satu masyarakat Pekanbaru, T Syarifah Hasni (IRT).

Ia berharap kepada DPRD Kota Pekanbaru untuk bisa memikirkan kesusahan dan persoalan masyarakatnya. Sebab, sudahlah barang kebutuhan pokok makin naik, ditambah lagi adanya usulan kenaikan PPJ. "Sudah saatnya anggota DPRD Kota Pekanbaru memperjuangkan hak masyarakat," ungkap Syarifah Hasni, Kamis(31/1/19).

Sementara itu, pengamat Pemerintahan dan Politik UIR, Zaini Ali mengatakan, bukan persoalan setuju atau tidak setuju usulan kenaikan PPJ tersebut. Masyarakat sebagai pembayar pajak juga perlu tahu berapa yang diterima oleh Pemerintah Kota Pekanbaru. "Penerimaan perlu diekpos kepada masyarakat, berapa yang diterima selama ini," ungkap Zaini Ali

Kalau adanya perbedaan anggaran pembayaran pajak PJU antara Pemko Pekanbaru dengan pihak PLN, maka perlu dilakukan kajian dan penelusuran berapa sebenarnya besar anggaran yang diterima. Berapa pula yang harus dibayar Pemko Pekanbaru kepada pihak PLN.

"Selama inikan, Pemerintah Kota Pekanbaru tidak pernah mempubliskan berapa anggaran pajak yang diterima oleh Pemko Pekanbaru kepada masyarakat sebagai pihak pembayar pajak," ungkap Zaini Ali.

Untuk itu, persoalan ini harus diluruskan secara bersama antara Pemerintah Kota Pekanbaru, DPRD Kota Pekanbaru serta pihak PLN, sehingga persoalan ini tidak menjadi polemik di tengah masyarakat.

Kalau adanya penolakan masyarakat atas usulan kenaikan Pajak Penerangan Jalan(PPJ) itu wajar saja. Apalagi dengan kondisi ekonomi yang lagi susah sekarang ini. Kalaupun nantinya terjadi kenaikkan Pajak Penerangan Jalan(PPJ) maka konsekuensinya.

"Pemerintah Kota Pekanbaru harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, terutama masalah penerangan lampu jalan yang menjadi kebutuhan masyarakat," ungkap Zaini Ali. (wan)