Kinerja Pemprov Riau 2017 Dinilai Masih Rendah

No comment 59 views

banner 160x600
Women face

PEKANBARU (WNC) - Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemprov Riau 2017 dinilai tidak memuaskan oleh DPRD Riau dalam rapat Paripurna yang digelar hari ini. Hal itu dikarenakan masih banyaknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dalam serapan anggaran tidak mencapai 90 persen bahkan hanya 20 persen.

Hal itu juga diungkapkan salah seorang Anggota Komisi II DPRD Riau Sugianto kepada GoRiau.com, Senin, (23/4/2018) seusai sidang. Menurutnya, keadaan ini harus segera diantisipasi, yakni dengan melakukan Penyegaran (pergantian) di masing - masing OPD, terutama yang kinerjanya terburuk.

Baca Juga: Tolak Diberhentikan, Honorer Demo Kantor Bupati Rohil

"Tadi sangat jelas dibacakan oleh pansus dalam Paripurna, banyak rekomendasi dan catatan terhadap OPD yang serapannya 20 persen, dibawah 20 persen. Harapan saya Pemerintah Provinsi benar - benar melaksanakan, kalau memang ada OPD yang tidak bisa melakukan tugas dan fungsinya, ya diganti saja, biar jelas!" seru Sugianto.

Sugianto menuturkan, penyegaran OPD ini juga menjadi salah satu rekomendasi yang disebutkan saat rapat berlangsung. Meskipun dinilai sebagai reaksi yang keras, menurutnya penyegaran OPD ini sangat dibutuhkan, karena kinerja mereka yang lemah sangat berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Hari ini kita memang keras dalam memberikan rekomendasi, tapi kalau Pemprov Riau tidak mau menjalankan berarti tidak mau melakukan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat Riau. Karena kinerja OPD dalam pemerintah ini sangat buruk, saya tadi buat siaran langsung paripurna ini, biar masyarakat tahu, tingkat kemiskinan, pengangguran itu yang sangat kita sorot"tegasnya.

Sementara itu, Sugianto pun menyatakan, jika akhirnya Pemerintah Provinsi Riau tidak melaksanakan rekomendasi - rekomendasi yang telah disampaikan dalam Paripurna, yang salah satunya adalah penyegaran OPD yang tidak sanggup menjalankan tugas dan fungsinya, maka pihaknya selaku DPRD Riau harus mengambil opsi sesuai fungsi dan tugasnya.

"Kita lihat nanti bagaimana tanggapan pemerintah, apakah rekomendasi kita dilaksanakannya? Kalau ternyata tidak, ya kita harus mengambil opsi sesuai tugas dan fungsi kita juga," tandasnya.

Sementara itu, kendati menerima banyak catatan dan rekomendasi dari dewan, namun LKPJ Pemprov Riau 2017 telah disetujui dalam sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo. (wan)