Jangan Bawa Nama Alumni Unri dalam Pilpres

No comment 64 views

banner 160x600
Women face

PEKANBARU (WNC) - Beredarnya informasi sebuah paguyuban Ikatan Alumni Universitas Riau (Unri) yang menyatakan dukungan dan deklarasi untuk Calon Presiden (Capres) Joko Widodo - Ma'aruf Amin menuai protes para alumni Unri lainnya. Karena Ikatan Alumni Unri merupakan organisasi independen dan netral dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Disamping itu, dukungan politik pada salah satu pasangan Capres Cawapres dinilai bertentangan dalam proses demokrasi yang harusnya dijunjung tinggi, demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Baca Juga: Pertina Kota Payakumbuh, Utus Tiga Atlet Tinju Ikuti Bupati Sijunjung Cup II 2019

"Kalau mau dukung salah satu pasangan calon jangan bawa ikatan alumni," ujar Ketua Umum Ikatan Alumni Unri Pusat, Ahmad Hijazi, Rabu (16/1).

Ahmad Hijazi meminta Ikatan Alumni Universitas Riau untuk bersikap netral dalam menghadapi gejolak Pilpres 2019. Penegasan sikap ini diperkuat dengan dikeluarkannya pernyataan sikap dari ikatan alumni tersebut.

Ikatan Alumni Unri lanjut Ahmad Hijazi, senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, hak asasi dan hak politik, harkat dan martabat serta independensi para alumni-nya.

Sebab itu, pihaknya mengajak seluruh alumni Unri untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam keberagaman di dalam bingkai NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Lebih jauh dijelaskannya, IKA Unri sampai saat ini adalah satu-satunya organisasi alumni Unri yang diakui dan disahkan oleh Rektor Universitas Riau. IKA Unri juga merupakan organisasi kemasyarakatan yang bersifat independen dan kekeluargaan (Pasal 5 Anggaran Dasar IKA Unri).

Sehubungan dengan itu, setelah mencermati perkembangan yang ada di masyarakat, khususnya alumni Unri dalam menghadapi Pemilihan Umum Legislatif dan Pilpres 2019 yang akan dilaksanakan 17 April 2019, maka IKA Unri melalui Sekretaris IKA Unri Fendri Jaswir menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut;

Pertama, IKA Unri mendukung terselenggaranya Pemilihan Umum Legislatif dan Pilpres 2019 secara langsung, lancar, aman damai dan sukses.

Kedua, IKA Unri menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, hak aazi dan hak politik, harkat dan martabat serta independensi para alumni Unri.

Ketiga, IKA Unri mengajak seluruh Alumni Unri untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam keberagaman di dalam NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45.

"Sebagai organisasi kemasyarakatan yang bersifat independen dan kekeluargaan, netral bersikap dalam Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019," ujar Fendri.

Diharapkannya kepada Ikatan Alumni Universitas Riau untuk bersikap netral dalam menghadapi gejolak Pilpres 2019. Penegasan sikap ini diperkuat dengan dikeluarkannya pernyataan sikap dari ikatan alumni tersebut. (wan)