HUT Koperasi ke 71, Ratusan Masyarakat Payakumbuh Ikuti Jalan Sehat


banner 160x600
Women face

Payakumbuh--Ratusan peserta mengikuti jalan santai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke- 71 tingkat Kota Payakumbuh, beberapa waktu lalu. Kegiatan dipusatkan di kawasan Pasar Padang Kaduduak Kecamatan Payakumbuh Utara. Peserta dilepas bersamaan oleh Walikota Payakumbuh,Riza Falepi dan Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam.

Turut hadir saat pelepasan peserta, Asisten I Setdako, Yoherman, Kadis Koperasi Dan UKM, Dahler, Kadis Perhubungan, Adrian dan sejumlah pimpinan OPD lainnya. Tak hanya warga Kota Payakumbuh, dalam barisan peserta jalan santai terlihat warga negara asing (bule-red) yang ikut meramaikan gelaran kegiatan.

Baca Juga: Tolak Diberhentikan, Honorer Demo Kantor Bupati Rohil

Walikota Payakumbuh didampingi Kadis Koperasi dan UKM mengatakan, pihaknya sengaja menggelar puncak HUT Koperasi di Pasar Padang Kaduduak yang baru diresmikan pemakaiannya pada pertengahan tahun ini. Diharapkan, iven jalan santai tersebut bisa menjadi ajang sosialisasi dan promosi keberadaan Pasar Padang Kaduduak kepada publik yang lebih luas.

"Puncak peringatan sengaja diadakan disini (Pasar Padang Kaduduak-red) berupa jalan santai berhadiah voucher berbelanja di pasar tersebut. Tujuannya untuk promosi dan pemberdayaan fungsi pasar yang kita harapkan akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Payakumbuh," tutur Walikota Riza didampingi Dahler.

"Kita berharap dengan adanya pasar ini, maka akan ada pertumbuhan ekonomi baru yang diiringi dengan pemerataan pembangunan di Kota Payakumbuh. Kalau bisa disetiap kecamatan memiliki pasar satelit agar pertumbuhan ekonomi dan peredaran uang merata," jelas Wako Riza.

Senada, Ketua DPRD Payakumbuh mendukung langkah walikota bersama OPD terkait menggelar berbagai kegiatan di Pasar Padang Kaduduak tersebut. Pihaknya siap mendukung dari sisi penganggaran dalam hal penciptaaan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kota Payakumbuh.

"Selaku wakil rakyat, kita sambut baik langkah Pemko dalam pemberdayaan pasar ini. Ini sebuah strategi bagus dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan peredaran uang dimasyarakat. Kita berharap kesenjangan ekonomi antara satu daerah dengan daerah lain bisa ditekan," ujar YB. Dt. Parmato Alam.

"Kita siap dukung pengembangan pasar ini khususnya terkait penganggaran dalam rangka melengkapi sarana dan prasarana secara bertahap. Harapan kita, agar kawasan ini bisa lebih cepat berkembang, perkantoran pemerintahan bisa dibangun disini, khususnya instansi yang belum memiliki kantor sendiri," tambah Ketua DPRD.

Sementara Kadis Koperasi dan UKM,  Dahler mengatakan bahwa puncak peringatakan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) tingkat nasional sejatinya telah berlangsung di Kota Tangerang, Banten pada 12 Juli 2018 lalu. Peringatan HUT Koperasi didaerah-daerah berlangsung pasca kegiatan tersebut.

"Pasca iven di tingkat nasional dan provinsi, di tingkat Kota Payakumbuh juga telah kita laksanakan sejumlah acara dari pertengahan Agustus ini seperti Cerdas Tangkas tingkat SLTA dan tingkat Gerakan Koperasi, Ajang Sana, Lomba Lari 5K tingkat SLTA/SLTP dan puncaknya hari ini berupa jalan santai di Pasar Padang Kaduduak," terang Dahler.

"Kenapa disini, karena kita ingin dapat tiga sekaligus, yaitu memasyarakatkan koperasi, memasyarakatkan olahraga dan sosialisasi serta memperdayakan Pasar Padang Kaduduak untuk kesejahteraan warga Payakumbuh," pungkas Dahler. (ton)