Hati-hati, Beredar Uang Pecahan 100 Ribu Palsu Mirip Asli

No comment 421 views

banner 160x600
Women face

TANGERANG (WNC) – Masyarakat, khususnya di wilayah Tangerang, Banten harus berhati-hati bila akan menukarkan uang untuk keperluan lebaran. Karena, kini sedang marak peredaran uang palsu bermodus penukaran uang.

"Dari hasil yang kami dapat, diamankan 96 lembar uang pecahan senilai Rp100 ribu yang diduga merupakan uang palsu untuk diedarkan," kata Kasat Reskrim Polresta Tangerang, Kompol Wiwin Setiawan, Minggu, 10 Juni 2018.

Baca Juga: PA 212 Kutuk Aksi Banser NU Bakar Bendera Tauhid

Menurut Kompol Wiwin, ada tiga pelaku pengedar uang palsu yang diringkus, mereka masing-masing bernama Kosin (32), Kokom (55) dan Siti (38).

Mereka ditangkap saat bertransaksi menukarkan uang palsu di wilayah Kampung Pangodokan, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Pasarkemis, Tangerang.

Wiwin mengatakan, uang palsu yang diedarkan ketiga orang ini nyaris sama dengan asli. Yang membedakan hanyalah dari tekstur kertas uang saja.

"Secara kasat mata memang tidak ada bedanya hanya kalau yang teliti dan perasa, teksturnya itu berbeda dari biasa, karena ini agak halus. Sementara, untuk bukti lainnya pihak Kepolisian akan bekerja sama dengan jajaran Bank Indonesia terkait pengamanan puluhan juta uang palsu ini," katanya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat lebih waspada akan peredaran uang palsu terlebih mendekati hari lebaran. Ia meminta agar masyarakat lebih baik menukarkan uang di bank. Karena diduga peredaran uang palsu tak hanya di Tangerang saja.

"Saya minta warga waspada. Menghindari adanya peredaran uang palsu lebih baik tukarkan kepada tempat yang resmi. (wan) 

Sumber: viva.co.id