Gernas Baku Mampu Cegah Anak Dampak Negatif Teknologi

No comment 65 views

banner 160x600
Women face

SIAK (WNC) - Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak Jamaluddin, membuka secara langsung Kegiatan Nasional orang tua membacakan buku (Gernas Baku) 2018, di pentas Siak Bermadah, Sabtu (5/5/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia ini, bertujuan untuk menjauh kan anak-anak dari dampak negatif perkembangan teknologi, salah satunya penggunaan smartphone.

Baca Juga: PA 212 Kutuk Aksi Banser NU Bakar Bendera Tauhid

"Orang tua yang sering memberikan smartphone kepada anak, agar sianak tidak nangis merupakan salah satu kebiasaan yang kurang baik," kata Jamaluddin.

Kata Jamal, selain mempunyai dampak radiasi, smartphone yang dipakai oleh anak akan mengganggu perkembangan otaknya.

"Oleh karena itu, dari pada kita memberikan smartphone, lebih baik kita meluangkan waktu membacakan buku untuk anak kita. Karena membacakan buku bisa menambah wawasan," ucap Jamaluddin.

Kepala Sekolah PAUD/TK Pemda, Fitri menuturkan, tujuan gerakan ini untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak mereka.

Mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua, dan tentu saja menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

"Dengan mensukseskan Gernas Baku kita sudah menanamkan kebiasaan kepada anak cinta akan buku," ungkapnya.

Meskipun, lajut dia, sikecil belum bisa membaca tetapi mereka sudah mempunyai rasa ingin tau dari isi cerita sebuah buku yang dibacakan oleh orang tua. Aktivitas ini juga bertujuan menghindari dari permainan gadget yang sedang berkembang pada dunia anak saat ini. (rilis/adi)