Dua Hektar Cabe Merah Dipanen Alfedri di Kampung Langsat Permai


banner 160x600
Women face

 SIAK (WNC) - Kecamatan Bungaraya selain merupakan daerah tanaman pangan juga menyimpan berbagai potensi lain yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Hal ini dibuktikan oleh masyarakat dengan panen cabe seluas 12 hektar yang berlokasi di Kampung Langsat Permai Kecamatan Bungaraya.

Penanaman cabe ini merupakan binaan dari Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pertanian.

Baca Juga: PA 212 Kutuk Aksi Banser NU Bakar Bendera Tauhid

Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi saat melakukan panen raya cabe memberikan apresiasi kepada masyarakat, yang memiliki keinginan tinggi untuk mengelola lahan pangan dan tanaman komoditi lain yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita patut bersyukur karena perekonomian kita terutama pertanian cabe semakin meningkat, tentunya ini bagian dari upaya yang telah kita lakukan. Maka dengan perekonomian yang baik, maka kita harus memperhatikan orang lain melalui zakat infak dan sodaqoh," ujar Alfedri.

Selaku Pemerintah Kabupaten Siak Alfedri selalu  mengingatkan k
para petani setiap panen jangan lupakan berzakat. Karena berzakat dapat membersihkan rezeki. "Dengan berzakat Allah akan selalu melimpahkan Rahmat dan rezekinya kepada kita," ucap Wakil Bupati Siak.

Oleh karena itu pemerintah dalam hal ini hanya melakukan pembinaan agar tingkat ekonomi masyarakat meningkat. Sebab, tujuan pemerintah adalah bagaimana masyarakat sejahtera.

Maka agar ekonomi masyarakat terus meningkat, selain tanaman pangan juga kita harus mampu memanfaatkan lahan lahan yang bisa dibudidayakan untuk menambah pendapatan masyarakat, seperti cabai, peternakanan, dan perikanan.

Prof Dr Ir Hapsah dari Lembaga Penitian dan Pengabdian Masyarakat  (LPPM) Unri Fakultas Pertanian, mengatajan, membantu masyarakat dalam upaya melakukan pendampingan kepada para petani.
Untuk melakukan pengabdian dalam tata air untuk penaman cabe dan jenis tanaman lain yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kita akan mencoba mengangkat Kampung Langsad Permai untuk menjadi daerah binaan pertanian pada komoditi cabai, kemudian mencoba membuat pupuk kompos,dan perikanan termasuk peternakan," jelasnya.

Camat Bungaraya Hendy Derhavin juga terus memberikan dorongan untuk membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. (adi)