Dirlantas Polda Riau Berlakukan Bebas Tilang Bagi Pemudik

No comment 33 views

banner 160x600
Women face

 PEKANBARU (WNC) - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Rudy Safiruddin menyatakan, tidak memberlakukan Tilang (Bukti Pelanggaran, red) terhadap pengendara yang melakukan aktivitas mudik lebaran Idul Fitri 2018.

Kebijakan khusus ini dimulai sejak Polda Riau menggelar operasi terpusat bersandi Ketupat Muara Takus. Hal ini demi memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang mudik ke kampung halaman. Ini adalah operasi kemanusiaan.

Baca Juga: KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba

"Karena ini Operasi kemanusiaan, selama (Operasi, red) digelar tidak boleh ada anggota yang melakukan Tilang. Ditegur saja, misalnya pelanggarannya karena tidak lengkap, ya agar dilengkapi," sebut Kombes Rudy, dilansir goriau.com.

Tidak diberlakukannya Tilang ini berlangsung selama Operasi Ketupat Muara Takus, termasuk pula bagi pengendara yang membawa barang melebihi ketentuan. "Termasuk itu, kita berikan teguran saja," terangnya pula.

Ia juga mewanti-wanti, agar tidak ada yang melakukan Pungli terhadap pengendara di jalan, baik itu dilakukan warga sipil hingga oknum aparat berseragam. "Kita akan tindak jika ada, sesuai arahan Pak Presiden dan Pak Kapolri," tutup dia.

Selain itu, sejak H-4 (Kemarin, red) jelang lebaran Idul Fitri, pihaknya juga sudah memberlakukan pelarangan sementara bagi truk bermuatan selain Sembako dan BBM untuk melewati jalur lintas mudik.

"Sudah, sejak H-4 kemarin kita berlakukan. Untuk truk pengangkut Sembako dan BBM bisa (Lewat, red)," tukas Kombes Rudy Safiruddin. (wan)