Camat Diminta Data Muzaki yang Berpotensi Keluarkan Zakat

No comment 76 views

banner 160x600
Women face

SIAK (WNC) - Plt Bupati Siak H Alfedri meminta kepada seluruh Camat, agar mendata muzaki yang berpotensi mengeluarkan zakat. Langkah ini diambil karena masih kecilnya serapan dana zakat yang masuk di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di setiap kecamatan.

"Jika dihitung jumlah muzaki yang ada di Kabupaten Siak ini cukup banyak. Mereka sangat potensi untuk mengeluarkan zakatnya, jangan bosan untuk mengingatkan mereka," kata Alfedri di Pucuk Rebung, Rabu (8/5/2018) pagi.

Baca Juga: KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba

Camat selaku perpanjangan tanggan Bupati, sebut Alfedri, bersama UPZ Kecamatan dan UPZ Kampung, agar jemput bola, datang ke rumah rumah para Muzaki dan menyampaikan risalah dan juga manfaat zakat bagi umat yang belum bernasib baik.

"Kepada Camat agar mendata potensi Muzaki yang ada di masing-masing kecamatan berapa jumlah muzakinya, yang berpotensi mengeluarkan zakat. Kemudian diundang, diberikan mereka penjelasan tentang manfaat zakat yang akan mereka bayar," pinta Alfedri.

Selanjutnya disampaikan Alfedri, memasuki Ramadhan nanti, Baznas Kabupaten Siak akan menyalurkan zakat konsumtif tahap kedua tahun 2018 di 14 kecamatan, dan melakukan Gemar Berzakat (Gerakan Masyarakat Siak ber Zakat). "Ini momennya bagi umat muslim menyalurkan zakat agar semakin meningkat," ujarnya.

Sementara itu menurut Ketua Baznas Siak H Abdul Rasyid Suharto menyenjelaskan, bahwa rapat ini dilakukan untuk persiapan 2 kegiatan Baznas Siak yang harus dimatangkan, yakni berkenaan dengan rapat persiapan pelaksanaan penyaluran, dan kedua, rapat kegiatan Gerakan Mayarakat (Gemar) Siak Berzakat yang akan dilaksanakan mulai tanggal 21 Mei 2018 atau pada 4 Ramadhan di 14 kecamatan.

"Kegiatan Gemar Berzakat ini merupakan kegiatan ke 5, tahun lalu kita laksanakan di 7 kecamatan. Sedangkan untuk tahun 2018 ini kita laksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Siak," jelas Rasyid.

Dijelaskannya lagi, penyaluran zakat tahap kedua di bulan suci Ramadhan nanti dengan total dana yang akan disalurkan berjumlah Rp1,6 miliar dengan pola penyaluran konsumtif yang akan diberikan kepada 1,962 mustahik. (rilis/adi)