Bupati Irfendi Arbi Akan Peroleh Jasa Bakti Koperasi

No comment 32 views

banner 160x600
Women face

Limapuluh Kota,---Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi bakal menerima prestasi nasional lagi. Kali ini Irfendi Arbi akan mendapatkan anugerah Jasa Bakti Koperasi dari menteri koperasi dan UKM Republik Indonesia tahun 2018.

Penghargaan tersebut direncanakan diserahkan langsung Menteri Koperasi dan UMK RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada Bupati Irfendi Arbi dalam rangkaian acara peringatan Hari Koperasi ke 71 di Grantage Hotel Bumi Serpong Damai (BSD) Tanggerang, Rabu (11/7) malam, (hari ini, red).

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Hadiri Pembukaan MTQ XVIII Kabupaten Siak di Perawang

Keterangan Kepala Dinas dan UKM Kabupaten Limapuluh Kota Kasman Kasim, SH di ruang kerjanya, Selasa (10/7) menyebut, Bupati Irfendi Arbi akan dianugerahi Jasa Bhakti Koperasi atas kiprah dan keberhasilannya membina dan mengembangkan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Limapuluh Kota. Hal itu bisa terlihat dari perkembangan sejumlah koperasi di daerah ini selama kepemimpinannya.

Irfendi Arbi yang dihubungi, mengaku sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama masyarakat yang telah berkontribusi dalam pengembangan koperasi di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kita sangat bersyukur kepada Allah SWT dengan akan diperolehnya penghargaan di bidang koperasi itu. Penghargaan yang bakal diterima tersebut adalah prestasi masyarakat dan pelaku koperasi yang telah berusaha keras mengembangkan koperasi di daerah ini,” papar Irfendi.

Sejumlah tokoh koperasi mengapresiasi kesuksesan Irfendi Arbi yang akan menerima prestasi di bidang koperasi tersebut. Mereka berharap penghargaan yang bakal diperoleh itu akan semakin menggelorakan pembangunan dan pengembangan koperasi di daerah ini ke depannya.

“Saya sangat gembira dan mengapresiasi keberhasilan Bupati Irfendi Arbi yang akan memperoleh jasa bakti koperasi tahun 2018 ini. Saya berharap penghargaan yang bakal diterima itu menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan perkoperasian di Kabupaten Limapuluh Kota,” ungkap tokoh koperasi Kabupaten Limapuluh Kota H. Thamrin Basyar, B.Sc ketika dihubungi, Selasa (10/7).

Ketua Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) Provinsi Sumatera Barat itu mengatakan, Irfendi Arbi memang patut menerima penghargaan di bidang koperasi melihat keseriusannya dalam pengembangan dan memajukan koperasi di daerah ini.

Hal senada ikut dilontarkan Ketua Koperasi Politeknik Pertanian (Politani) Payakumbuh Ir. Harmailis, M.Si serta tokoh koperasi Kenagarian VII Koto Talago Kecamatan Guguak Zulkifli. Keduanya mengaku bangga atas perolehan jasa bakti koperasi itu.

Menyimak komitmen Irfendi Arbi, mereka optimis perkoperasian di daerah ini akan semakin tumbuh kembang dan berperan dalam upaya mewujudkan masyarakat Limapuluh Kota yang sejahtera.

“Saya melihat Bupati Irfendi Arbi benar-benar memiliki komitmen dan aktiff mendorong kemajuan koperasi di daerah ini. Setiap turun ke lapangan, bupati itu tak jarang yang mengunjungi dan memberikan motivasi kepada pengurus koperasi- koperasi yang tersebar di berbagai nagari,” tutur ungkap Harmailis yang juga dosen Politani yang diamini Zulkifli.

Para tokoh koperasi tersebut berharap penghargaan itu mampu menjadi pelecut semangat buat menjadikan koperasi di daerah ini lebih berkembang lagi, serta mendorong koperasi agar benar-benar dapat lebih mensejahterakan masyarakat.

Sebelumnya Kepala Dinas dan UKM Kabupaten Limapuluh Kota Kasman Kasim, SH menjelaskan, selama kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi sejumlah koperasi berkembang secara siknifikan. Koperasi itu diantaranya KPN TK/SD Guguak yang kini telah mampu mengembangankan asetnya sebesar Rp 4 milyar,  dari semula berjumlah Rp15 milyar pada tahun 2017 menjadi Rp19 milyar pada tahun 2018 ini.

Begitu juga dengan KSU Sutra Ketinggian Kecamatan Harau yang kini mampu merangkul sekitar 90% masyarakat ketinggian dan nagari sekitarnya. Bahkan koperasi yang beranggotakan sebanyak 631 orang itu dalam tahun lampau saja mampu meningkatkan asetnya dari semula Rp2,9 menjadi Rp3,9 milyar. Tak kalah menariknya, KSU Sutra ini juga telah memiliki usaha tambungan sampah dan mengelola usaha jual beli gambir. (ton)