Bupati Irfendi Ajak Masyarakat Jaga Kedamaian

No comment 77 views

banner 160x600
Women face

Limapuluh Kota,Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kedamaian di Kabupaten Lima Puluh Kota. Ia berharap tidak ada pihak yang membuat gaduh, menyebar berita bohong dan ujaran kebencian, termasuk dalam bulan suci Ramadhan dan memasuki tahun politik.

Pesan damai itu disampaikan Bupati Irfendi di hadapan belasan ribu guru, murid Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan berbagai unsur masyarakat dalam acara Gebyar PAUD di GOR Singa Harau, Sabtu (12/5).

Baca Juga: Damkar Pekanbaru Evakuasi 120 Keluarga Terkena Banjir

"Mari kita jaga persatuan dan kesatuan serta kedamaian untuk terciptanya suasana aman, nyaman dan kondusif di Kabupaten Limapuluh Kota. Kita berharap, semua warga ikut berpartisi mewujudkan Limapuluh Kota yang damai,” ungkap Irfendi.

Dikatakan,mewujudkan kedamaian dan ketentraman bukan tugas Polisi semata, melainkan juga menuntut peran serta masyarakat. Tanpa keikut sertaan dan dukungan masyarakat, tentunya sulit bagi aparat keamanan menciptakan Limapuluh Kota yang aman, nyaman dan kondusif.

 “Mari kita bantu dan dukung tugas Polri dalam menjaga kedamaian dan ketentraman masyarakat. Jangan sampai ada yang menimbulkan kontroversi dan membuat kegaduhan,” ajak Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi mengatakan, media sosial dewasa ini menjadi salahsatu tantangan era globalisasi yang rawan terjadinya fitnah dan ujaran kebencian. Masyarakat diharapkan tidak mudah terprovokasi dan tersulut oleh berita bohong (hoax) atau adu domba di media sosial tersebut. 

“Kita menghimbau masyarakat agar tidak mudah terprovakasi berbagai berita bohong dan ujaran kebencian tersebut. Mari sama-sama kita perangi hoax sosial, ujaran kebencian, kampanye hitam, isu sara dan lainnya yang bisa merusak persatuan serta mengganggu jalannya pesta politik mendatang,” papar Irfendi.

Dalam kesempatan itu Bupati Irfendi juga menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas gugurnya lima anggota Polri dalam peristiwa di Mako Brimob Jakarta beberapa waktu lalu. Ia berharap tindakan kekerasan yang menewaskan anggota Polri itu tidak terulang.

“Kita semua sangat berdukacita dengan peristiwa yang menimpa saudara kita anggota Polri di Mako Brimob. Kita berharap peristiwa tersebut tidak terulang. Saya pastikan, siapapun tidak mau adanya tindakan kekerasan seperti itu,” tutur Irfendi.

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat harus senantiasa waspada terhadap berbagai upaya merusak persatuan dan memecah belah umat. Untuk itu masyarakat jangan mudah terpengaruh berita yang tidak jelas kebenarannya, apalagi yang bersifat menjelek-jelekan dan hasutan.

“Mari kita jaga ketenangan dan perekat ukhuwah islamiyah serta mempererat persatuan dan kesatuan. Mari kita bersama mendeteksi dan mengantisipasi serta melawan gerakan radikal di bumi Limapuluh Kota," tegas Irfendi. 

Turut hadir dalam acara Gebyar PAUD tersebut unsur Forkompimda, Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota Ny. Monalisa Irfendi Arbi dan belasan ribu warga. (ton)