BUKA BERSAMA INSAN PERS, WAKO RIZA: BERITAKAN APA ADANYA DAN BERIMBANG


banner 160x600
Women face

Payakumbuh,--- Walikota Payakumbuh, Riza Falepi berkesempatan adakan jamuan berbuka bagi seluruh insan pers yang bergiat di daerah Luak Limopuluah. Jamuan diadakan di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Senin (11/6).

Insan pers yang hadir cukup lengkap. Mulai dari Ketua Balai Wartawan (BW) Luak Limo Puluah, Marjohan berserta para wartawan senior seperti Syafril Nita, Nahar Sago, Bakhtaruddin, Ebtisar, Widiat, Rahmat "Ucok" Silitonga, hingga para jurnalis muda angkatan berikutnya. Semua berbaur menikmati hidangan perbukaan bersama walikota.

Baca Juga: Meriahkan HUT RI ke 73, Kelurahan Balai Jariang Adakan Turnamen Futsal

Dalam sambutan, walikota menyampaikan terima kasih atas jalinan kerjasama yang baik selama ini. Dirinya berjanji jalinan silaturahmi akan terus ditingkatkan, termasuk mengadakan pertemuan rutin dengan insan pers.

"Terimakasih atas kerjasama selama ini, pers telah banyak membantu keberhasilan Kota Payakumbuh. Kedepan kita akan tingkatkan jalinan silaturahmi. Sudah lama juga saya tidak ke BW. Nanti kita coba cari waktu untuk silaturahmi di BW," ujar Walikota Riza Falepi sembari melirik Kadis Kominfo, Elvi Jaya.

Walikota berharap, insan pers Luak Limo Puluah memperhatikan aspek keberimbangan dalam pemberitaan.Dijelaskan, keberimbangan berita penting, agar masyarakat bisa memahami secara utuh informasi yang disampaikan.

Baca juga : Jamaluddin Ajak Orang Tua Masukkan Anak ke Sekolah Agama

"Kita punya tanggungjawab moral kepada masyarakat. Untuk itu kami himbau agar pers memperhatikan betul keberimbangan dalam pemberitaan, agar masyarakat tercerdaskan," ujar Wako Riza.

Dikatakan, dirinya terbuka dengan segala kritik dan saran yang diberikan pihak lain, termasuk dari pers. Menurutnya, sudah pada tempatnya pers memberitakan kejadian sebagaimana adanya.

"Saya tidak alergi dengan kritik. Kritik justru kita butuhkan. Silahlan beritakan apa adanya. Jika ada prestasi beritakan sewajarnya, tak perlu dilebih-lebihkan. Begitupun sebaliknya, jika ada yang kurang baik, silahkan klarifikasi, saya terbuka untuk itu," seru Riza.

Ditambahkan, saat ini ada jurnalis yang memuat pemberitaan bermuatan kritik kepada pemerintah kota, akan tetapi disayangkan, jurnalis tersebut belum pernah melakukan klarifikasi kepada dirinya terkait persoalan yang kritik tersebut.

"Terkadang saya bingung, ada wartawan kritik kebijakan Pemko, tapi sekalipun tidak pernah klarifikasi. Pas dicek dimana BW nya (balai wartawan-red), ternyata tidak masuk anggota BW. Saya tanya, masuk organisasi wartawan apa? juga tidak terdaftar. Saya jadi bingung, mau klarifikasi kemana?," ujar Wako Riza disambut tawa sebagian hadirin.

Sesuai jadwal, buka bersama walikota dengan insan pers menjadi penutup rangkaian buka bersama Walikota Payakumbuh dengan elemen masyarakat Payakumbuh pada Ramadhan 1439 H ini.

Walikota sendiri dijadwalkan akan menghadiri pelaksanaan Sholat Idul Fitri tingkat Kota Payakumbuh pada 1 Syawal 1439 H mendatang. Sholat dipusatkan di halaman Balaikota Payakumbuh, ex. Lapangan Poliko. Bertindak sebagai khatib, Ust. Irsyad Syafar, Lc, M.Ed, pendiri Pondok Pesantren Ar Risalah, Padang. (ton)