BI Jamin Ketersediaan Uang Selama Libur Panjang

No comment 51 views

banner 160x600
Women face

PEKANBARU (WNC) - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Riau menyiapkan uang tunai Rp4,7 triliun selama musim libur lebaran tahun 2018.

"BI siap memenuhi kebutuhan uang tunai rupiah saat Ramadan dan lebaran, sehingga nantinya masyarakat tidak perlu lagi khawatir akan kebutuhan uang terutama saat libur lebaran," ujar Kepala BI Riau Siti Astiyah kepada wartawan usai buka puasa bersama, Kamis (7/6/2018).

Baca Juga: Pengamat Nilai BI Kehabisan Opsi dalam Stabilkan Rupiah

Dijelaskan Siti, secara nasional kebutuhan uang tunai diperkirakan meningkat 15,3 persen menjadi Rp 188,2 triliun dibandingkan tahun 2017 lalu. Sementara untuk Riau terjadi peningkatan 16,05 persen dibandingkan 2017 atau menjadi Rp 4,7 triliun.

"Tahun lalu hanya Rp 4,05 triliun. Nah tahun ini meningkat karena adanya hari libur yang cukup panjang sehingga diharapkan dengan uang tunai sebanyak itu akan cukup memenuhi kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Mengenai ketersediaan uang di ATM, Siti menjamin ATM tidak akan kosong. "Kita telah meminta bank melalukan monitoring untuk memenuhi mesin ATM-nya masing-masing sehingga kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi dan tentunya tidak ada ATM yang kosong," ungkapnya.

Siti Astiyah juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga uang agar tidak rusak. "Juga jaga uang rupiah dengan baik, jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas dan jangan dibasahi," pungkasnya. (wan)