Bawaslu Harus Tegas dan Adil Tindak Caleg Nakal

No comment 49 views

banner 160x600
Women face

PEKANBARU (WNC) - Sikap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau dalam menertibkan baliho calon legislatif (Caleg) setakat ini dinilai masih sebatas menertibkan baliho nakal. Seharusnya tindakan Bawaslu harus mengarah kepada membuat efek jera para Caleg 'nakal' tersebut.

Bawaslu jangan hanya melakukan pembongkaran baliho saja, tapi harus mampu membuat Caleg jera dan takut melakukan kesalahan.

Baca Juga: Pertina Kota Payakumbuh, Utus Tiga Atlet Tinju Ikuti Bupati Sijunjung Cup II 2019

"Bawaslu harus pikirkan upaya itu, kalau hanya melakukan membongkar saja tidak akan cukup-cukupnya anggaran. Disamping itu akan makan waktu dan tenaga. Bawaslu harus tegas terhadap pelanggar, beri sanksi bagi pelanggar," jelas Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau, Taufik Arrahman, Kamis (24/01).

Menurut politisi Gerindra ini juga, bagaimana Bawaslu punya kiat atau cara yang jitu dalam membuat Caleg jadi takut berbuat kesalahan. Tahu kapan waktu pemasangan baliho dan sebagainya dan kapan membongkarnya kembali yang dilakukan sendiri. "Kalau ditindak tegas yang nakal, beri sanksi pasti mereka takut. Inilah yang harus dipikirkan oleh Bawaslu untuk ditetapkan," tambahnya.

Terpenting lagi menurut Dapil Kota Pekanbaru ini, tindakan yang dilakukan oleh Bawaslu haruslah didasari oleh asas kesetaraan. Tidak ada membedakan antar Caleg yang ada, siapa yang melanggar harus ditertibkan. "Pikirkan bagaimana supaya Caleg itu takut membuat pelanggaran. Ketegasan dalam menjalankan tugas yang sesuai aturan harus dilakukan oleh Bawasku," kata Taufik lagi. (wan)