Gelar Talk Show dan Workshop Karya UMKM

Bank Indonesia Bangkitkan Usaha Tenun Riau

No comment 45 views

banner 160x600
Women face

PEKANBARU (WNC) - Kembangkan dan upgrading produk karya untuk Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) khususnya industri tenun, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau menggelar Talk Show dan Workshop Karya UMKM Riau Berwawasan Global. Kegiatan fokus pelatihan pewarnaan alami benang tenun ini bertujuan mengangkat pamor sekaligus membangkitkan usaha tenun Riau di tingkat Nasional, maupun internasional.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Siti Astiyah mengakui setakat ini hasil karya tenun Riau sudah bagus. Namun demikian tentu masih perlu pengembangan apakah desainnya. "Diharapkan dari workshop yang digelar ini dapat meningkatkan kualitas tenun Riau, sehingga bisa diterima di pasaran, apakah tingkat nasional maupun internasional," ujar Siti Astiyah, Kamis (6/12/2018).

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Siak MoU dengan PT RAPP

Namun perlu diperhatikan juga, masalah pewarnaan di mana masyarakat cenderung suka pewarnaan yang alami. "Makanya kita menggelar workshop dengan mengundang ahlinya dari Denpasar Bali, untuk pertimbangan warna tenun yang lebih alami," jelas Siti.

Riau diharapkannya tidak hanya terkenal dengan tenunnya saja, tetapi juga dengan Batik Riau. Karena itu perlu kita mengangkatnya ke level yang lebih tinggi, salah satunya dengan menggelar talkshow yang tujuannya untuk menginspirasi pelaku usaha, tidak hanya tenun tetapi disertivikasi batik.

Dalam hal pemasaran, upaya BI Riau saat ini salah satunya dengan membawa pengusaha binaan ke Jakarta. Karena di Jakarta sebagai etalasenya Indonesia, khususnya untuk memperkenalkan produk dari Riau. Di sanalah kita tau, mana yang disukai pasar mana yang tidak.

"Karena di sana dipamerkan hasil dari seluruh Indonesia. Kalau penjualan kita meningkat, di situlah kita tau kita mempunyai daya saing yang tinggi. Karena itulah saya bertekad meningkatkan kualitas tersebut, artinya pasar menginginkan kualitas yang lebih baik lagi," pungkas Siti Astiyah.

Saat ini sudah terdapat tiga puluh orang pengusaha binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Riau yang terbagi dalam beberapa kelompok. "Itulah yang kita fasilitasi," tutup Siti. (wan)