Bagikan 6.000 Sertifikat TORA, Ini Pesan Jokowi kepada Masyarakat Riau


banner 160x600
Women face

PEKANBARU (WNC) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sebanyak 6.000 sertifikat hak atas tanah program strategis nasional. Acara yang dipusatkan di halaman belakang Rumah Dinas Gubernur Riau di Jalan Diponegoro Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/12/2018).

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan, Kepala Negara menyerahkan 6.000 sertifikat kepada warga Riau berlangsung khitmad, Sabtu (15/12/2018). Penyerahan ini diikuti sebanyak 6.000 an warga penerima Sertifikat TORA yang terdiri dari berbagai daerah yakni, Kabupaten Siak, Rokan Hilir, Rohul Dumai, Pekanbaru.

Baca Juga: Citilink Berikan Fasilitas WiFi Gratis di Ketinggian 35.000 Kaki

"Di Provinsi Riau seharusnya 3,1 juta bidang untuk seluruh masyarakat, tapi sampai saat ini baru bisa diberikan 1,1 juta (bidang)," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk segera merampungkan sebanyak 1,9 juta bidang yang harus diselesaikan penerbitan sertifikatnya yang akan dibagikan kepada masyarakat seprovinsi.

"Saya perintahkan Menteri BPN dibantu gubernur untuk segera menyelesaikan 10 ribu sertifikat. Sekarang ini kita paksa dalam 1 tahun ini 140 ribu sertifikat," terang mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Pemerintah telah menargetkan akan menerbitkan 5 juta sertifikat yang akan dibagikan kepada masyarakat di berbagai wilayah di Tanah Air pada 2017. Sementara untuk 2018, Presiden Jokowi menargetkan pemerintah menerbitkan 9 juta sertifikat.bagi yang warga belum miliki Sertifikat  TORA itu kita tunggu di tahap yang berikutnya pesan Jokowi lagi.

"Tahun depan 7 juta (sertifikat), tahun depannya lagi 9 juta (sertifikat)," tegas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi kembali mengingatkan agar para pemilik sertifikat untuk mengingat seluruh luas lahan yang dimiliki. Selain itu, para warga yang telah mendapat sertifikat juga diminta untuk menjaga surat-surat tanah tersebut. Diharapkan kepada ibu-ibu bapak-bapak yang mana yang telah menerima Sertifikat TORA ini,supaya dapat dipergunakan untuk keperluan dan kebutuhan warga.

"Silakan saja ibu-ibu jika ingin mengajukan pinjaman melalui Sertifikat ini minjam ke Bank silakan, tetapi jangan nanti setelah dapat pinjaman yang diberikan oleh Bank itu nanti tidak bisa pula untuk membayarnya," canda Jokowi di hadapan tamu undangan.

Presiden RI ini berpesan, tolong sertifikat itu diberikan plastik disimpan agar tidak rusak dan difotokopikan. "Agar kalau hilang mengurusnya ke Kantor BPN lebih mudah mencarinya," ungkapnya.

Turut mendampingi Presiden, Menteri Sekretaris Negara, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau Drs Lukman Hakim SH, Sofyan Djalil dan mantan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Sementara itu ditempat terpisah Camat Pusako Andi Putra SSTP,MSI menyampaikan rasa terimakasihnya Kepada Pemerintah Kabupaten Siak dan juga ucapan terimakasihnya juga kepada Presiden RI Joko Widodo dengan diprogramkannya Reforma Agraria Sinkronisasi TORA dan Perhutanan Sosial di Kecamatan Pusako sehinga nanti dapat mensejahterakan perekonomian bagi masyarakat kita yang ada di Kecamatan Pusako. (adi)