Atasi Banjir, Penghulu Pusako Minta Perusahaan Kerahkan Alat Berat


banner 160x600
Women face

PUSAKO (WNC) - Paca hujan sangat deras beberapa hari belakangan, membuat sejumlah rumah warga di RT 008/RK 004 Kampung Pusako Kecamatan Pusako Kabupaten Siak terendam. Sejumlah rumah wargapun terendam banjir.

Keterangan salah seorang pemilik rumah di RT 008/RK 004 Kampung Pusako Kecamatan Pusako Yani (27) ketika dijumpai wartawan di kediamnya, Kamis 3/5 mengatakan, beberapa hari terakhir hujan cukup deras yang melanda kampung mereka membuat sejumlah rumah warga terendam banjir.

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Siak MoU dengan PT RAPP

"Penyebabnya karena banyak parit yang tersumbat, sehingga air menggenang saja. Banyak peliharaan seperti kambing sapi dan ternak lainnya kesulitan untuk diselamatkan. Kondisi air belum surut, jadi tidak bisa ke luar rumah bang," ungkapnya sembari berharap pihak terkait mencari solusinya.

Sementara itu, menyikapi keluhan pasca kebanjiran warganya, Penghulu Pusako Kecamatan Pusako Misrizal SSos, menyatakan banjir yang terjadi hinga merendam sejumlah rumah warga dan seputaran Kantor UPTD Pendidikan Pusako disebabkan guyuran hujan yang sangat deras beberapa hari lalu serta air pasang.

Mengatasi hal itu, ia berharap pihak perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Pusako turut membantu mengatasi menanggulangan bencana banjir ini. Kalau diharapkan dari pememerintah kampung saja, mungkin sangat sulit untuk mengatasinya. "Perusahaan harus ikut andil dalam permasalahan ini," pintanya.

Selaku Penghulu Kampung Pusako dan perpanjangan tangan masyarakatnya ia berharap pihak terkait dan perusahaan yang beroperasi di wilayahnya dapat mengupayakannya menurunkan alat berat membersihkan seputaran parit-parit yang tersumbat itu. (adi)