Atas Nama Petani Doral Berkarya, Rizal Ucapkan Terima Kasih kepada Pemkab Siak


banner 160x600
Women face

 PUSAKO (WNC) - Atas nama ratusan petani, Sekretaris Poktan Doral Berkarya Tanjung Medan, Kampung Dosan Kecamatan Pusako Rizal mengucapkan terimakasih kepada Bupati, Wakil Bupati Siak dan bersyukur kepada Allah SWT karena lahan pertanian milik masyarakat yang selama ini diklaim oleh PT Arara Abadi (AA) Camat Pusako tak lama lagi sudah kembali bisa ditanami. Khususnta petani di dua kecamatan yakni Kecamatan Pusako dan Kecamatan Sungai Apit.

Rasa Syukur ini diucapkan Rizal.saat ditemui wartawan usai acara Sosialisasi Perhutanan Sosial yang digelar oleh Camat Pusako mewakili Pemkab Siak.

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Siak MoU dengan PT RAPP

"Do'a ratusan anggota Poktan Doral,akhirnya dapat dikabulkan Allah SWT," ujar Rizal dengan ucapan rasa syukur.

Rizal menceritakan, sudah puluhan tahun masyarakat petani sengsara lantaran tanahnya secara sepihak terampas oleh sistem dan peraturan yang dinilai tidak secara sportif dilaksanakan oleh PT AA.Tidak sedikit para pemimpin selama ini tidak memihak kepada masyarakat tanpa mengecek, para penegak hukumpun diduga sempat terbawa hanyut menilai bahwa masyarakat petanilah yang telah menyerobot kawasan hutan itu masyarakat terus terimidasi, tetap berkat ridho Allah SWT jika kita berpihak di jalan yang benar tidak bisa dipungkiri dan selalu kita diberikan jalan keluar,"  ungkap Rizal.

Menurut Rizal, tidak itu saja, sudah tak terhitung jumlah petani Doral yang sengaja dilaporkan ke Polisi oleh PT AA dengan tuduhan sengaja merusak hutan untuk membuka kebun tanpa izin Menhut RI. "Namun Alhamdulillah, semenjak Kecamatan Pusako dipimpin oleh pak Camat Andi Putra, kebutuhan jalan masyarakat petani Kampung Dosan untuk memperjuangkan hak atas tanah miliknya ke Pemerintah Kabupaten Siak terbuka lebar," ujar Rizal.

Rizal selaku Sekretaris Poktan Doral juga berharap kedepan jangan ada lagi pejabat tinggi di Siak beralasan bahwa penyelesaian permasalahan sengketa lahan masyarakat denga PT AA bukan wewenang Pemkab Siak," harap Rizal lagi. 

Ia mewakili seluruh anggota Poktan Doral Berkarya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Siak, Wakil Bupati, dan Camat Pusako yang telah mengikut sertakan lahan pertanian petani di Dusun Tanjung Medan dalam program perhutanan masyarakat sesuai Permen 88 tahun 2017 tentang penyelesaian permasalahan tanah dalam kawasan hutan.

"Kami mendo'akan pemimpin tetap amanah, Raja Adil tentunya Raja yang wajib disembah," tutup Rizal Lubis mengahiri pembicaraannya. (adi)