APK Parpol yang Dipasang Harus Diverifikasi KPU Riau

No comment 54 views

banner 160x600
Women face

 PEKANBARU (WNC) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mewajibkan bagi partai politik dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang akan memasang alat peraga kampanye untuk diverifikasi KPU.

"Seperti yang sudah kita sepakati bersama, semuanya memasukkan desain dulu, karena semuanya harus terverifikasi dan memiliki jumlah yang sesuai. Ini menjadi tanggung jawab KPU. Karena itu, semuanya harus berkeadilan, makanya kita minta untuk diserahkan desain seluruhnya," kata Ketua KPU Riau, Nurhamin, dilansir cakaplah.com, Rabu (10/10/2018).

Baca Juga: PA 212 Kutuk Aksi Banser NU Bakar Bendera Tauhid

Nurhamin menambahkan, pihaknya tidak akan kaku dalam menetukan desain APK peserta Pemilu. Menurutnya, akan cukup banyak kreativitas oleh peserta Pemilu untuk menarik simpati masyarakat. Namun yang penting menurutnya tidak ada unsur black campaign dan jumlahnya tidak menyalahi aturan.

"Kita tidak akan kaku karena ini APK mereka, yang sudah disiapkan untuk menarik simpati masyarakat, yang penting tidak menyalahi aturan," cakapnya lagi.

Lebih lanjut, Nuhamin menjelaskan, untuk pencetakan APK ada yang dilaksanakan oleh KPU dan ada yang dilaksanakan oleh peserta Pemilu.

Untuk peserta Pemilu, jumlah yang boleh dipasang adalah maksimal 10 spanduk per desa/kelurahan, baik partai ataupun calon DPD. Kemudian baliho maksimal 5 buah perdesa/kelurahan. (wan)