Anies Kerahkan 300 Satpol PP Kawal Pulau Reklamasi

No comment 51 views

banner 160x600
Women face

JAKARTA (WNC) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan melakukan pengawasan di pulau reklamasi di Pulau D dan B pasca-penyegelan dan penutupan lokasi. 300 personel Satpol PP pun disiapkan untuk penyegelan tersebut.

"Setelah ini ditutup nanti petugas dari Satpol PP akan mengawasi lokasi ini, sehingga tidak ada kegiatan di tempat ini," kata Anies di Pulau D Jakarta Utara, Kamis (7/6).

Baca Juga: Lombok Kembali Diguncang Gempa 7,0 SR

Dia meminta kepada semuanya di dalam melakukan kegiatan pembangunan harus mengikuti peraturan. "Jangan dibalik, jangan membangun dahulu baru mengurus izin, tetapi pastikan ada izin dulu baru semua sesuai dengan tata kelola yang ada," ucap Anies, dilansir republika.co.id, dikutip dari antara.

Tahap berikutnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera menuntaskan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Pemerintah Provinsi juga akan membentuk semua badan-badan yang diharuskan oleh Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 1995 dan menyangkut reklamasi sesuai aturan. "Nanti kita akan menatanya lengkap. Jadi bukan hanya soal Pulau C dan D, kita akan menata seluruh kawasan pesisir Jakarta. Jadi perencanaannya terintegrasi bukan perencanaannya per wilayah saja," ujar Anies.

Spanduk yang digunakan untuk penyegelan lokasi dari Pemprov DKI Jakarta berupa peringatan lokasi ditutup. Hal itu karena melanggar pasal 69 ayat 1 Undang - Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

Pesan Anis

Penyegelan pulau reklamasi, yaitu Pulau D dan Pulau B, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan Satpol PP sebanyak 300 personel. Anies berpesan kepada yang bertugas agar menjaga kehormatan warga negara lain dan menghargai pihak-pihak yang tidak berhubungan.

"Untuk semua, tunjukkan adab, tunjukkan tata cara yang terhormat. Ini bukan berarti kita kompromi, bukan lemah. Justru tunjukkan senyum boleh lebar, wajah boleh ramah, tapi ketegasan tidak bisa dikompromikan," kata Anies.

Ia berharap pasukan yang bertugas dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. "Segera tunaikan yang menjadi kewajiban dan insya Allah teman-teman semua mendaparkan kebanggaan bahwa semua adalah bagian dari penegak peraturan ini," kata Gubernur.

Menurut dia, penyegelan dilakukan sebagai bagian dari memastikan bahwa Jakarta tertib dan teratur. Bagi pelanggar yang punya status sosial ekonomi lemah maupun kuat, semuanya akan ditindak oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Saya harap semua yang dilakukan dikerjakan sebaik-baiknya dan tuntaskan. Setelah ini bagian kita untuk memastikan tidak ada pengulangan di tempat lain," kata Anies.

Gubernur Jakarta mengingatkan para anggota untuk memastikan seluruh prosedur tetap atau SOP ditaati. "Taati protap dengan yang sudah ada karena itu sebagai pelindung terkuat kita. Selamat bertugas dalam menegakkan peraturan daerah," kata Anies. (wan)

 

Sumber: antara