5,9 Juta Pemudik 2018 Menggunakan Pesawat

No comment 32 views

banner 160x600
Women face

SLEMAN (WNC) - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso menyebutkan puncak arus mudik Lebaran 2018 yang memanfaatkan angkutan udara terjadi akhir pekan ini. Arus mudik terbanyak berasal dari bandara di wilayah Joglosemar (Jogja, Solo dan Semarang) dan Surabaya.

"Prediksi puncak arus mudik angkutan udara pada hari kemarin dan hari ini. Seperti di Yogya ini, puncaknya kemarin sebanyak 28.600 penumpang, ada lonjakan 30 persen. Untuk hari ini (penumpang Adisutjipto) masih dihitung nanti malam," kata Agus, di sela meninjau arus mudik di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (10/6/2018).

Baca Juga: KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba

Baca juga : Pria di Tualang Siak Sulap Limbah Kayu Jadi Uang

"Prediksi arus mudik sekitar 5,9 juta penumpang, naik 10 persen dibandingkan tahun kemarin," sambungnya, dilansir detik.com. 

Menurut Agus, bandara yang jumlah penumpangnya cukup banyak yakni Bandara Adisutjipto, Bandara Ahmad Yani Semarang, Adisoemarmo Boyolali, dan Bandara Juanda Surabaya. 

"Bandara besar kedatangannya, bandara di Joglosemar dan Surabaya. Denpasar banyak juga, (masyarakatnya) tidak merayakan Lebaran tapi juga banyak lonjakan penumpang saat libur Lebaran," jelasnya.

Dalam arus mudik Lebaran ini, lanjut Agus, terdapat rute penerbangan sebanyak 360 rute dan 36 bandara yang memberi pelayanan mudik Lebaran. Dengan jumlah pesawat sebanyak 538 pesawat. (wan)

Sumber: detik.com