492 Personel Polisi Amankan Pleno Pilkada Riau 2018

No comment 56 views

banner 160x600
Women face

 PEKANBARU (WNC) - Tercatat sebanyak 492 personel dari Kepolisian disiagakan untuk mengamankan rapat pleno terbuka penghitungan surat suara Pemilihan Kepala (Pilkada) Riau 2018 di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Riau, Ahad (8/7) sekitar pukul 07.00 WIB.

Sebelumnya, petugas dari Satuan Brimob Polda Riau terlebih dahulu melakukan sterilisasi di lokasi rapat yang berada di ruang Ball Room Hotel Aryaduta tersebut. Gr2 Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto mengatakan, dari 492 personel yang diturunkan, sebanyak 283 personel berasal dari Polda Riau. Kemudian, 109 personel dari Sat Brimobda Polda Riau dan 100 personel dari Polresta Pekanbaru.

Baca Juga: HKN Momentum Wujudkan Derajat Kesehatan Masyarakat

"Kita bagian dari petugas pengamanan bukan sebagai pengambil keputusan dan apabila ada ketidakpuasan dari masing-masing pasangan calon dan pendukung akan ditengahi oleh yang berwenang," ujar Santo, dilansir goriau.com, Ahad (8/7) pagi.

Ia berpesan, agar setiap personel mengantisipasi potensi kerawanan dari setiap pasangan calon. "Itu terdiri dari berbagai kalangan seperti Ormas, kumpulan masa dan masyarakat dari luar kota Pekanbaru yang merasa tidak puas dari hasil penghitungan suara yang sudah ada di masing-masing kabupaten/kota, maupun rapat Pleno Pilkada yang akan berlangsung," tuturnya.

Selain itu, personel juga harus melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok masing-masing. Sedangkan para perwira, juga bertanggung jawab untuk mengarahkan anggotanya dalam pengamanan ini.

Ketua KPU Provinsi Riau, Nurhamin menyebutkan, dalam rekapitulasi penghitungan suara ini dalam pelaksanaannya ada 197 undangan yang hadir.

Para undangan itu diantaranya, Kapolda Riau, Kepala BIN Daerah Riau, Ketua DPRD Riau, Ketua Bawaslu Riau, dan unsur Forkopimda lainnya. Selain itu juga diundang dua orang saksi dari tiap pasangan calon untuk menghadiri Pleno terbuka ini. (wan)